Pengaruh Ukuran Perusahaan, Volatilitas Penjualan, Leverage, Arus Kas Operasi, dan Manajemen Laba terhadap Persistensi Laba pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2020

Khoirunnisa, Hanifah (2021) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Volatilitas Penjualan, Leverage, Arus Kas Operasi, dan Manajemen Laba terhadap Persistensi Laba pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1702015167_HANIFAH KHOIRUNNISA.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1702015167_HANIFAH KHOIRUNNISA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh ukuran perusahaan, volatilitas penjualan, leverage, arus kas operasi, dan manajemen laba terhadap persistensi laba pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2020.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanasi. Adapun variabel yang diteliti adalah ukuran perusahaan, volatilitas penjualan, leverage, arus kas operasi dan manajemen laba sebagai variabel independen (bebas) dan persistensi laba sebagai variabel dependen (terikat). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2020 sebanyak perusahaan. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperolah 7 (tujuh) perusahaan yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan teknik dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis akuntansi, analisis statistik deskriptif, analisis regresi data panel, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan secara parsial tidak berpengaruh terhadap persistensi laba dengan nilai signifikansi sebesar 0,388 > 0,05. Volatilitas penjualan secara parsial tidak berpengaruh terhadap persistensi laba dengan nilai signifikansi sebesar 0,053 > 0,05. Sedangkan variabel leverage secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap persistensi laba dengan nilai signifikansi sebesar 0,0009 < 0,05. Arus kas operasi secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap persistensi laba dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Manajemen laba secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap persistensi laba dengan nilai signifikansi sebesar 0,0001 < 0,05. Secara simultan variabel ukuran perusahaan, volatilitas penjualan, leverage, arus kas operasi, dan manajemen laba berpengaruh signifikan terhadap persistensi laba dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan koefisien determinasi yang didapatkan dari nilai Adjusted R-Square sebesar 40, 38% dapat disimpulkan bahwa kemampuan variabel ukuran perusahaan, volatilitas penjualan, leverage, arus kas operasi dan manajemen laba untuk menjelaskan variabel dependen persistensi laba sebesar 40,38% sedangkan sisanya 59,62% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lainnya seperti volatilitas arus kas, kepemilikan manajerial, fee audit dan konsentrasi pasar.
Penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah variabel lain yang mempengaruhi persistensi laba serta menambah atau mengganti objek penelitian yang digunakan dan menambah periode penelitian agar memberikan pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:35
Last Modified: 20 Feb 2023 02:35
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21457

Actions (login required)

View Item View Item