Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Kelas IV SDN Sunter Agung 03 Pagi Jakarta Utara

Oktavianingsih, Wahyu dan Pramudiani, Puri (2022) Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Kelas IV SDN Sunter Agung 03 Pagi Jakarta Utara. Journal for Lesson and Learning Studies, 5 (2). pp. 220-226. ISSN 2615-6148

[thumbnail of _7.+JLLS+VOL+5,+NO.+2+Wahyu+Oktavianingsih+220-227.pdf_] Text
_7.+JLLS+VOL+5,+NO.+2+Wahyu+Oktavianingsih+220-227.pdf_ - Published Version

Download (306kB)
Official URL: https://doi.org/10.23887/jlls.v5i2.49842

Abstract

Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Kelas IV SDN Sunter Agung 03 Pagi Jakarta Utara Wahyu Oktavianingsih Puri Pramudiani

Penelitian ini memiliki tujuan guna memperoleh informasi terkait adanya pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) kepada kemampuan berpikir kreatif kelas IV SDN Sunter Agung 03 Pagi. Jenis penelitian ini ialah quasy experiment menggunakan desain Randomize Control Group Post Test Only. Populasi penelitian ini seluruh kelas IV SDN Sunter Agung 03 Pagi berjumlah 74 individu. Sampel penelitian ini yaitu 52 individu dengan teknik Randome Sampling. Hasil penelitian pada kelompok perlakuan dan kelompok konvensional dengan aplikasi SPSS tingkat kepercayaan 95% memperlihatkan bahwa menolak H_0 dimana adanya perbedaan signifikan diantara kemampuan berpikir kreatif kelas perlakuan dan kelas konvensional. Hal ini tampak melalui harga t= 2,537 dengan db=50, yang mana didapatkan p-values dengan= 0,014/2= 0,014<0,05 atau menolak H_0, dirumuskan pada simpulan bahwa kemampuan berpikir kreatif kelas yang menerapkan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) lebih unggul dibandingkan kemampuan berpikir kreatif kelas konvensional. Dapat dikatakan bahwa Pendekatan Matematika Realistik (PMR) mempunyai pengaruh dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SDN Sunter Agung 03 Pagi Jakarta.
07 19 2022 220 226 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 10.23887/jlls.v5i2.49842 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/49842 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/download/49842/23251 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/download/49842/23251 10.22460/jpmi.v1i4.p779-784 10.25134/quagga.v12i2.2831 10.22460/jpmi.v1i6.p1143-1154 Bayuni, K. H. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Pemecahan Masalah Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(3), 276–281. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/30952. 10.23887/jet.v2i3.16380 10.24042/ijsme.v2i1.3974 Febriani, P, Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 120–135. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/9761/4795. Febriani, Peni, Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 120–135. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/9761/4795. 10.17509/ijpe.v3i2.22104 Harahap, N. A. (2018). Efektivitas Penggunaan Pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Di Kelas Xi SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(2), 65–72. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/441. 10.14421/jppm.2019.012-01 10.31004/cendekia.v5i2.683 10.26877/paudia.v5i2.1187 10.31980/mosharafa.v8i2.454 10.31004/basicedu.v6i4.3322 10.33487/edumaspul.v5i1.2121 10.23887/jisd.v4i1.24279 10.51878/teaching.v1i2.269 Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8421. 10.31004/basicedu.v3i1.98 10.31004/basicedu.v5i2.878 10.32939/ejrpm.v3i1.501 Setyaningsih, H., Wardono, & Prabowo, A. (2017). The effectiveness of PMRI Approach Aided by Educational Props to Improve Student’s Mathematical Literacy. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 44 – 51. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i1.13631. 10.21067/jbpd.v4i2.4473 10.33487/edumaspul.v4i1.338 10.31004/basicedu.v1i1.150 Suryaningtyas, C. P. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan PMRI untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika Developing a Mathematics Learning Kit Using PMRI Approach to Increase Problem Solving Ability and Mathematics Communication. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 200–209. https://doi.org//10.21831/pg.v12i2.14876. 10.22437/edumatica.v8i01.4655 10.21831/jitp.v7i2.35028 10.21831/jpe.v8i2.34446 10.21831/jpe.v5i2.7785 10.21831/jrpm.v4i1.10066 10.20527/jbse.v1i2.11

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: Puri Pramudiani
Date Deposited: 13 Feb 2023 18:49
Last Modified: 13 Feb 2023 18:49
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21101

Actions (login required)

View Item View Item