Analisis Kemampuan Predator Ikan Cupang Hias (Betta splendens crown tail) dan Ikan Guppy (Poecilia reticulata) terhadap Kematian Lava Instar III dan IV Nyamuk Aedes aegypti

Usmawati, Rahma dan Harmani, Nanny (2018) Analisis Kemampuan Predator Ikan Cupang Hias (Betta splendens crown tail) dan Ikan Guppy (Poecilia reticulata) terhadap Kematian Lava Instar III dan IV Nyamuk Aedes aegypti. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of FIKES_KESMAS_1405015119_RAHMA USMAWATI.pdf]
Preview
Text
FIKES_KESMAS_1405015119_RAHMA USMAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Pengendalian DBD dilakukan dengan memanfaatkan ikan seperti ikan cupang hias dan ikan guppy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan predator ikan cupang hias (Betta splendens crown tail) dan ikan guppy (Poecilia reticulata) terhadap kematian larva instar III dan IV nyamuk Aedes aegypti. Jenis penelitian ini adalah eskperimental semu bersifat rancangan acak kelompok. Subjek penelitian adalah larva nyamuk Aedes aegypti instar III dan IV, ikan cupang hias dan ikan guppy masing-masing 4 ekor. Setiap waktu pengamatan menggunakan larva instar III dan IV sebanyak 25 ekor dan diulang sebanyak 3 kali. Pengamatan dilakukan selama 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 jam. Analisis data menggunakan independent sampels T-tes. Hasil Ikan guppy instar III mendapatkan nilai mean 17,67 ekor, ikan guppy instar IV mendapatkan nilai mean 24,67 ekor, sedangkan ikan cupang hias instar III dan IV mendapatkan nilai mean 25,00 ekor. Simpulan ikan cupang hias (Betta splendens crown tail) lebih banyak dalam memangsa yang dikarenakan ikan cupang hias mempunyai ketangkasan dan kecepatan dalam memangsa larva instar III dan IV dibandingkan dengan ikan guppy. Perlu dilakukan penelitian lebih mendalam terhadap ikan cupang hias dan ikan guppy seperti membedakan jenis kelamin, menambah jumlah ikan cupang dan ikan guppy, memperpanjang waktu pengamatan, menggunakan metode yang berbeda, dan menggunakan sampel penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 13 Feb 2023 07:16
Last Modified: 13 Feb 2023 07:16
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21035

Actions (login required)

View Item View Item