Analisis Metode Altman Z-Score, Springate, dan Zmijewski Sebagai Alat untuk Memprediksi Kebangkrutan Perusahaan Industri Retail

Astati Putri, Dinda (2021) Analisis Metode Altman Z-Score, Springate, dan Zmijewski Sebagai Alat untuk Memprediksi Kebangkrutan Perusahaan Industri Retail. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1702015090_DINDA ASTATI PUTRI.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1702015090_DINDA ASTATI PUTRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi kebangkrutan perusahaan sektor retail dan eceran oleh masing-masing model prediksi kebangkturan Altman Z-Score, Springate S-score, dan Zmijewski X-score. Model-model prediksi kebangkrutan tersebut akan memberikan kesimpulan daftar perusahaan yang sehat dan yang tidak hingga yang berpotensi bangkrut. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tingkat akurasi dari masing-masing metode prediksi kebangkrutan. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan metode penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor retail dan oedagang eceran yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tiap-tiap model prediksi kebangkrutan memberikan hasil yang berbeda terkait hasil prediksi perusahaan yang bangkrut dan tidak. Namun jika dilihat tingkat akurasinya dari masing-masing metode maka didapat bahwa model prediksi Altman dan Springate sama-sama merupakan model prediksi kebangkrutan dengan tingkat akurasi tertinggi, lalu diikuti oleh model Zmijewski sebagai model dengan tingkat akurasi paling rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:18
Last Modified: 13 Feb 2023 02:18
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/20951

Actions (login required)

View Item View Item