Pengaruh Kinerja Keuangan, Research And Development Serta Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan

Saraswati, Laurentina Ayu (2021) Pengaruh Kinerja Keuangan, Research And Development Serta Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1702015010_Laurentina Ayu Saraswati fix.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1702015010_Laurentina Ayu Saraswati fix.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Kinerja Keuangan, Research and Development, serta Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Variabel yang diteliti adalah Return On Asset, Return On Equity, Research and Development dan Corporate Social Responsibility sebagai variabel independen, sedangkan variabel Nilai Perusahaan sebagai variabel dependen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode studi dokumentasi. Data yang digunakan adalah data sekunder sebanyak 10 perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji F dan analisis koefisien determinasi.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara parsial Return On Asset berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Variabel Return On Equity berpengaruh negatif terhadap Nilai Perusahaan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Variabel Research and Development tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,944 > 0,05. Variabel Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,461
> 0,05. Selain itu, hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa variabel Return On Asset, Return On Equity, Research and Development dan Corporate Social Responsibility berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,345 atau 34,5%. Hal ini berarti setiap perubahan variabel Nilai Perusahaan dijelaskan oleh Return On Asset, Return On Equity, Research and Development dan Corporate Social Responsibility sebesar 34,5% sedangkan sisanya 65,5% dipengaruhi oleh variabel lain.
Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran bagi penelitian selanjutnya agar dapat menambahkan dan mengembangkan variabel lainnya serta memfokuskan objek penelitian yang akan diteliti sehingga dapat menghasilkan hasil penelitian yang lebih baik dan maksimal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 11 Feb 2023 03:22
Last Modified: 11 Feb 2023 03:22
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/20856

Actions (login required)

View Item View Item