Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Dan Good Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance

Anggita, Safira Rizki (2020) Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Dan Good Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1602015194_ Safira Rizki Anggita.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1602015194_ Safira Rizki Anggita.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh CSR, profitabilitas, leverage, likuiditas, proposi komisaris independen, dan proporsi kepemilikan institusional Terhadap tax Avoidance pada perusahaan properti dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2013-2018.
Metode ekplanasi digunakan dalam penelitian ini dengan variabel independen yang digunakan yaitu CSR, profitabilitas yang diporoksikan dengan ROA, leverage diproksikan dengan DAR, likuditas diproksikan current ratio, good corporate governance diproksikan proporsi komisaris independen dan proporsi kepemilikan institusional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu data sekunder dengan menggunakan laporan keuangan sampel melalui web Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) dan website perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menggunakan SPSS Versi 20 dan diperoleh persamaan regresi linear berganda CETR = 0.472 + 1.265
– 2.870
+ 0.041
+ 0.052
– 0.842
– 0.125
. Hasil hipotesis uji (t) menunjukkan bahwa CSR secara parsial berpengaruh positif terhadap tax avoidance dengan nilai signifikansi sebesar 0.001 < 0.005, profitabilitas (ROA) berpengaruh negatif terhadap tax avoidance dengan nilai signifikansi sebesar 0.001 < 0.05, leverage (DAR) tidak berpengaruh terhadap tax avoidance dengan nilai signifikansi 0.850 > 0.05, likuiditas berpengaruh positif terhadap tax avoidance dengan nilai signifikansi
0.029 < 0.05, proporsi komisaris berpengaruh negatif terhadap tax avoidance dengan nilai signifikansi sebesar 0.002 < 0.05, serta proporsi kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap tax avoidance dengan nilai signifikansi sebesar 0.221 > 0.05.
Dari hasil penelitian ini penulis memberikan beberapa saran bagi perusahaan sebaiknya lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan mengenai penghindaran pajak dan perusahaan dapat membuat strategi perencanaan pajak mengenai pendanaan perusahaan melalui eksternal sehingga muncul beban bunga yang dapat mengurangi laba, mengenai kegiatan CSR sebaiknya perusahaan memberikan kegiatan yang terkait pendidikan seperti beasiswa yang dapat meningkatkan sumber daya manusia, serta disarankan agar perusahaan meningkat kinerja terkait penjualan, aset, maupun ekuitas, sehingga laba yang diharapkan dapat tercapai dan tanggung jawab membayar pajak juga dapat terpenuhi.
Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan faktor-faktor lain yang terkait dengan penghindaran pajak, seperti komite audit dan ukuran perusahaan. Selain itu, variabel CSR agar digunakan pengungkapan metode CSR yang terbaru, serta penghitungan tax avoidance dapat menggunakan model penghitungan lainnya seperti Book Tax Gap atau ETR (Effective Tax Rate).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 09 Feb 2023 03:28
Last Modified: 09 Feb 2023 03:28
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/20520

Actions (login required)

View Item View Item