PERAN EDUKASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA MASYARAKAT DI KELURAHAN MALAKA SARI KECAMATAN DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR

Ichsaniar, Ichsaniar dan Priyanto, Priyanto dan Wiyati, Tuti (2019) PERAN EDUKASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA MASYARAKAT DI KELURAHAN MALAKA SARI KECAMATAN DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of S03-190352 Ichsaniar 2019.pdf]
Preview
Text
S03-190352 Ichsaniar 2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengetahuan tentang penggunaan obat antibiotik yang benar merupakan sesuatu
hal yang penting. Edukasi penting untuk dilakukan dalam penggunaan antibiotik
agar penggunaannya benar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran
edukasi menggunakan brosur pada tingkat pengetahuan masyarakat terhadap
penggunaan antibiotik di Kelurahan Malaka Sari. Penelitian ini menggunakan
desain study one group pre-test dan post-test. Responden diambil secara Cluster
random sampling. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner yang
telah diuji validasi. Brosur yang berisi infomasi tentang penggunaan antibiotik
diberikan kepada responden setelah pre-test dilakukan. Jumlah responden yang
diperoleh adalah 107 responden. Hasil pre-test, 57,9% tingkat pengetahuan
tergolong tinggi, 42,1% tingkat pengetahuan tergolong sedang. Hasil post-test,
100% responden memiliki pengetahuan tinggi. Berdasarkan hasil analisa statistik
menggunakan uji T Berpasangan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
signifikan penggunaan brosur sebagai alat edukasi terhadap peningkatan
pengetahuan (sig<0,050). Dapat disimpulkan bahwa pemberian edukasi berupa
brosur dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat Kelurahan Malaka Sari
tentang penggunaan antibiotik.
Kata Kunci : Edukasi, Obat antibiotik, Brosur

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: libffs libffs libffs
Date Deposited: 09 Feb 2023 04:21
Last Modified: 09 Feb 2023 04:21
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/20495

Actions (login required)

View Item View Item