Pengaruh Efektivitas Komite Audit, Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Timeliness Finance Reporting Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019

Astuti, Wirry (2020) Pengaruh Efektivitas Komite Audit, Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Timeliness Finance Reporting Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1602015141_ Wirry Astuti.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1602015141_ Wirry Astuti.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas komite audit, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap timeliness finance reporting pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Dalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi. Adapun variabel yang diteliti adalah efektivitas komite audit, ukuran perusahaan dan profitabilitas sebagai variabel independen dan timeliness finance reporting sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019 sebanyak 160 perusahaan. Metode pemilihan sampel menggunakan judgement sampling dan diperoleh sampel sebanyak 14 perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode telaah dokumen yaitu menelaah laporan keuangan yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia (BEI) (www.idx.co.id). Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis statistik deskriptif, analisis regresi logistik dengan melakukan menilai Likehood, Koefisien determinasi, Hosmer and Lemeshow’s, Goodness of Fit Test, dan Uji Hipotesis.
Hasil penelitian dengan menggunakan SPSS versi 24.0 dengan tingkat signifikansi 5% menunjukkan bahwa: 1) Efektivitas
memiliki pengaruh posistif dan signifikan terhadap Timeliness Finance Reporting. 2) Ukuran Perusahaan secara parsial memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Timeliness Finance Reporting. 3) Profitabilitas secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Timeliness Finance Reporting. 4) Efektivitas Komite Audit, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas mempunyai pengaruh secara simultan terhadap Timeliness Finance Reporting.Diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengganti maupun menambahkan variabel bebas yang dapat mempengaruhi Timeliness Finance Reporting agar memberikan pengaruh yang signifikan, menambah tahun pengamatan penelitian dan menggunakan sampel data dari perusahaan selain sektor manufaktur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 08 Feb 2023 08:25
Last Modified: 08 Feb 2023 08:25
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/20466

Actions (login required)

View Item View Item