TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG OBAT PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 14 JAKARTA UTARA TAHUN AJARAN 2018/2019

Anggara, Whisnu Yudha dan Gusmayadi, Inding dan Islam, Zainul (2019) TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG OBAT PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 14 JAKARTA UTARA TAHUN AJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FS03-210028.pdf]
Preview
Text
FS03-210028.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penanganan dan pencegahan penyakit tidak dapat dilepaskan dari tindakan terapi
menggunakan obat. Penggunaan obat yang benar dapat memberikan manfaat yang
optimal namun pada penggunaan yang keliru obat dapat pula memberikan efek
merugikan. Efek merugikan ini dapat sangat berbahaya apabila sampai terjadi
terhadap siswa-siswi sekolah yang mulai mencoba menggunakan obat. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan tentang obat pada siswa SMP
Muhammadiyah Jakarta Utara. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan
deskriptif kualitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat ukur. Teknik
pengambilan sampel menggunakan Total Sampling dengan jumlah sampel
sebanyak 219 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pengetahuan
tentang obat pada siswa SMP Muhammadiyah 14 Jakarta Utara tahun ajaran
2018/2019 sebanyak 139 responden (63,47%) masuk ke dalam kategori cukup
tahu, kemudian sebanyak 64 responden (29,22%) masuk ke dalam kategori tahu
dan sebanyak 16 responden (7,30%) masuk ke dalam kategori kurang tahu.
Tingkat pengetahuan tentang obat pada siswa SMP Muhammadiyah 14 Jakarta
Utara tahun ajaran 2018/2019 masuk kedalam kategori cukup tahu dengan
persentase sebesar (63,47%) dengan jumlah responden sebanyak 139 siswa.
Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan Obat, Siswa SMP.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: libffs libffs libffs
Date Deposited: 08 Feb 2023 08:21
Last Modified: 08 Feb 2023 08:21
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/20464

Actions (login required)

View Item View Item