Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konservatisme Akuntansi pada Perusahaan BUMN di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2019

Afriani, Nur (2020) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konservatisme Akuntansi pada Perusahaan BUMN di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1602015078_ Nur Afriani.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1602015078_ Nur Afriani.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh financial distress, leverage, likuiditas, risiko litigasi, kepemilikan institusional, kepemilikan asing, terhadap konservatisme akuntansi.
Dalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah variabel financial distress, leverage, likuiditas, risiko litigasi, kepemilikan institusional, dan kepemilikan asing sebagai variabel independen sedangkan variabel dependen yaitu konservatisme akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel yang terpilih sebanyak 8 (delapan) perusahaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan telaah dokumen, yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan menelaah laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 26.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa financial distress, leverage, dan kepemilikan asing berpengaruh secara parsial terhadap konservatisme akuntansi dengan niai signifikan kurang dari 0.05. Sedangkan likuiditas, risiko litigasi dan
kepemilikan institusional tidak berpengaruh secara parsial terhadap konservatisme akuntansi karena memiliki nilai signifikansi lebih besar dari 0.05. Adapun secara simultan menunjukkan bahwa variabel financial distress, leverage, likuiditas, risiko litigasi, kepemilikan institusional dan kepemilikan asing berpengaruh signifikan terhadap konservatisme akuntansi dengan nilai signifikansi sebesar 0.00 < 0.05. Kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat dalam penelitian ini dapat dilihat dari nilai adjusted R Square sebesar 0.442 atau 44.2% yang artinya variabel financial distress, leverage, likuiditas, risiko litigasi, kepemilikan institusional, dan kepemilikan asing hanya dapat menjelaskan 44.2% konservatisme akuntansi sedangkan sisanya 55.8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan ataupun mengganti variabel bebas yang dapat mempengaruhi konservatisme akuntansi seperti profitabilitas agar memberikan pengaruh yang signifikan, menggunakan sampel dengan perusahaan yang berbeda. dan menambah tahun pengamatan agar hasil lebih akurat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 06 Feb 2023 07:29
Last Modified: 10 Oct 2023 07:58
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/20255

Actions (login required)

View Item View Item