Pengaruh Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, Dewan Komisaris Independen, dan Leverage terhadap Pengungkapan Risk Management pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Ebarkhan, Abdullah (2021) Pengaruh Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, Dewan Komisaris Independen, dan Leverage terhadap Pengungkapan Risk Management pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1602015021_ABDULLAH EBARKHAN.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1602015021_ABDULLAH EBARKHAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, komisaris independen, dan leverage terhadap pengungkapan risk management pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Dalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi. Adapun variabel yang diteliti adalah kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, komisaris independen, dan leverage sebagai variabel independen dan pengungkapan risk management sebagai variable dependen. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019 sebanyak 65 perusahaan. Metode pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 7 perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode telaah dokumen yaitu menelaah laporan keuangan yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia (BEI) (www.idx.co.id). Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi), uji hipotesis, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel Kepemilikan Institusional dan Komisaris Independen berpengaruh secara signifikan terhadap Pengungkapan Risk Management hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi Kepemilikan Institusional 0.00 < 0.05 dan Komisaris Independen 0.024 < 0.005. Sedangkan Ukuran Perusahaan dan Leverage tidak berpengaruh terhadap Pengungkapan Risk Management dibuktikan dengan nilai signifikansi Ukuran Perusahaan 0,365 > 0,05 dan Leverage 0.502 > 0.05. Hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, dan Leverage berpengaruh terhadap Pengungkapan Risk Management dengan nilai signifikansi sebesar 0.00 > 0.05. Kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat dalam penelitian ini dapat dilihat pada nilai Adjusted R Square sebesar 0.603, hal ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan variabel Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, dan Leverage untuk menjelaskan variasi pada variabel dependen Pengungkapan Risk Management sebesar 60.7% sedangkan sisanya 39.3% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini seperti tingkat profitabilitas, ukuran perusahaan, umur perusahaan dan kepemilikan manajerial.
Bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel lainnya dan menggunakan sampel perusahaan lebih banyak sehingga memungkinkan hasilnya lebih baik dari penelitian ini dan memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:20
Last Modified: 06 Feb 2023 04:20
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/20233

Actions (login required)

View Item View Item