Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Tingkat Bagi Hasil, Non Performing Financing (NPF), Profitabilitas (ROA), Inflasi dan BI Rate terhadap Pembiayaan Berbasis Bagi Hasil pada Perbankan Syariah di Indonesia Periode 2014-2018

Nurkhaliza, Risfa (2020) Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Tingkat Bagi Hasil, Non Performing Financing (NPF), Profitabilitas (ROA), Inflasi dan BI Rate terhadap Pembiayaan Berbasis Bagi Hasil pada Perbankan Syariah di Indonesia Periode 2014-2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1602015011_RISFA NURKHAKIZA.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1602015011_RISFA NURKHAKIZA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dana pihak ketiga, tingkat bagi hasil, non performing financing (NPF), profitabilitas (ROA), inflasi dan BI rate terhadap pembiayaan berbasis bagi hasi pada perbankan syariah di Indonesia tahun 2014-2018.
Dalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi. Populasi penelitian ini adalah semua perbankan syariah di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 7 (tujuh) bank syariah sebagai sampel. Teknik pengolahan data .dan analisis data menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi Software Program Service Sollution (SPSS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel dana pihak ketiga , tingkat bagi hasil, dan profitabilitas (ROA) berpengaruh positif signifikan terhadap pembiayaan berbasis bagi hasil. Sedangkan Non performing financing (NPF), inflasi, dan BI rate tidak berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan.Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel dana pihak ketiga, tingkat bagi hasil, non performing financing (NPF), profitabilitas (ROA), inflasi dan BI rate berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan berbasis bagi hasil. Kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat dalam penelitian ini dapat dilihat pada nilai Adjusted R Square sebesar 0,665 hal ini berarti dana pihak ketiga, tingkat bagi hasil, non performing financing (NPF), profitabilitas (ROA), inflasi, dan BI Rate menjelaskan 66,5% sedangkan sisanya 33,5% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Untuk penelitian berikutnya disarankan memperbesar sampel bank dan menambahkan variabel lain dengan tujuan dapat meningkatkan hasil R-Square agar variabel yang diteliti pada suatu penelitian berpengaruh lebih besar dibandingkan variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 06 Feb 2023 03:16
Last Modified: 06 Feb 2023 03:16
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/20215

Actions (login required)

View Item View Item