Pengaruh Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Alokasi Dana Desa, Kebijakan Desa, dan Kelembagaan Desa terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus di Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat Tahun Anggaran 2018)

Medinia, Rifka (2019) Pengaruh Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Alokasi Dana Desa, Kebijakan Desa, dan Kelembagaan Desa terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus di Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat Tahun Anggaran 2018). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1402025109_ Rifka Medinia.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1402025109_ Rifka Medinia.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh akuntabilitas pengelolaan keuangan alokasi dana desa, kebijakan desa, dan kelembagaan desa terhadap kesejahteraan masyarakat.
Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah “kesejahteraan masyarakat” sebagai variabel dependen serta “akuntabilitas pengelolaan keuangan alokasi dana desa, kebijakan desa, dan kelembagaan desa” sebagai variabel independent. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu penetapan sampel berdasarkan kriteria tertentu maka sampel yang digunakan adalah 6 (enam) desa di Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat. Sedangkan, data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan data sekunder yang terdapat di Laporan Rekapitulasi Realisasi Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2018 yang terdapat di Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat. Teknis pengelohan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis statistik deskriptif, uji kualitas data, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan koefisien determinasi R2 dengan menggunakan software SPSS Versi 25.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial akuntabilitas pengelolaan keuangan alokasi dana desa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat dengan tingkat signifikansi sebesar (0,000 <
0,050). Kebijakan desa berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat dengan tingkat signifikansi sebesar (0,643 > 0,050). Kelembagaan Desa berpengaruh negatif dan tidak signifikan dengan tingkat signifikansi sebesar (0,074 > 0,050). Adapun secara simultan akuntabilitas pengelolaan keuangan alokasi dana desa, kebijakan desa, dan kelembagaan desa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat dengan tingkat signifikansi sebesar (0,000 < 0,050). Berdasarkan hasil Adjusted R Square yaitu sebesar 0,402, yang artinya adalah 40,2% variable dependen kesejahteraan masyarakat dijelaskan oleh variabel independen akuntabilitas pengelolaan keuangan alokasi dana desa, kebijakan desa, dan kelembagaan desa, dan sisanya sebesar 59,8% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini seperti pendapatan asli desa, belanja desa, dana desa, pengunaan dana bagi hasil pajak, dan bantuan keuangan Kabupaten/Provinsi.
Dari hasil penelitian ini penulis memberikan beberapa saran bagi penelitian selanjutnya yaitu diharapkan dapat memperluas wilayah cakupan yang lebih luas. Kemudian dapat menambahkan varibel-variabel lain yang mungkin dapat berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat. Serta diharapkan dapat menambahkan atau memperbanyak sampel agar hasil penelitian lebih akurat

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:10
Last Modified: 10 Oct 2023 06:33
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/18840

Actions (login required)

View Item View Item