Analisis Efektivitas dan Kontribusi Penagihan Tunggakan Pajak Dengan Surat Teguran dan Surat Paksa Sebagai Upaya Meningkatkan Penerimaan Pajak pada Kantor Pelanyanan Pajak Pratama Jakarta Kebayoran Baru Tiga

Sulistiowati, Prapti (2017) Analisis Efektivitas dan Kontribusi Penagihan Tunggakan Pajak Dengan Surat Teguran dan Surat Paksa Sebagai Upaya Meningkatkan Penerimaan Pajak pada Kantor Pelanyanan Pajak Pratama Jakarta Kebayoran Baru Tiga. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1302025129_ Prapti Sulistiowati.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1302025129_ Prapti Sulistiowati.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan kontribusi penagihan tunggakan pajak dengan surat teguran dan surat paksa sebagai upaya meningkatkan penerimaan pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kebayoran Baru Tiga selama tahun 2012 hingga 2016.
Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Surat Teguran dan Surat Paksa” sebagai variabel dependen, serta “Penerimaan Pajak” sebagai variabel independen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu penetapan sampel berdasarkan kriteria tertentu, maka sampel yang digunakan adalah laporan kegiatan penagihan tunggakan pajak dengan surat teguran, surat paksa, dan realisasi penerimaan pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kebayoran Baru Tiga. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Penagihan tunggakan pajak dengan menggunakan surat teguran maupun dengan menggunakan surat paksa pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kebayoran Baru Tiga selama tahun 2012 hingga tahun 2016 mengalami fluktuasi baik dalam jumlah lembar dan jumlah target surat teguran maupun surat paksa. Dimana dapat dilihat pada tahun 2012 ke tahun 2013 mengalami penurunan jumlah lembar dan jumlah target pada
surat teguran dan surat paksa. Penurunan terus terjadi hingga tahun 2014, kemudian terjadi kenaikan di tahun 2015. Dan kembali menurun di tahun 2016
Berdasarkan perhitungan tingkat efektivitas penagihan tunggakan pajak dengan menggunakan surat teguran dan surat paksa selama tahun 2012 hingga tahun 2016 pencairan tunggakan pajak masih di bawah 60 persen. Maka dapat dikatakan bahwa penagihan tunggakan pajak dengan menggunakan surat teguran dan surat paksa tidak efektif. Dapat dilihat dari presentase tingkat efektivitas pada tahun 2012, dengan presentase surat teguran sebesar 14,99% dan surat paksa sebesar 5,61%. Sedangkan efektivitas tertinggi terjadi pada tahun 2013, dengan presentase surat teguran sebesar 33,19% dan surat paksa sebesar 40,38% itu pun masih di bawah klasifikasi pengukuran efektivitas.
Berdasarkan perhitungan rasio penerimaan tunggakan pajak dengan menggunakan surat teguran dan surat paksa, dapat dilihat bahwa tingkat kontribusi penerimaan tunggakan pajak terhadap penerimaan pajak yang diterima oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kebayoran Baru Tiga selama tahun 2012 hingga tahun 2016 masih di bawah 50 persen. Maka dapat dikatakan bahwa rasio penerimaan tunggakan pajak terhadap penerimaan pajak digolongkan sangat kurang. Hal ini dapat dilihat dari tingkat kontribusi pada tahun 2012, dengan presentase surat teguran sebesar 3,17% dan surat paksa sebesar 1,76%. Lalu mengalami peningkatan pada tahun 2013, dengan presentase surat teguran sebesar 3,58% dan surat paksa sebesar 2,89%, namun tergolong masih jauh dari klasifikasi kriteria kontribusi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 27 Jan 2023 08:52
Last Modified: 10 Oct 2023 06:28
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/18242

Actions (login required)

View Item View Item