Analisis Faktor-Faktor Atas Penerbitan Obligasi Syariah (Sukuk) dan Penerbitan Saham Syariah terhadap Performa Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan yang Terdaftar ada JII 70)

Jastacia, Bella (2021) Analisis Faktor-Faktor Atas Penerbitan Obligasi Syariah (Sukuk) dan Penerbitan Saham Syariah terhadap Performa Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan yang Terdaftar ada JII 70). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_EKIS_1702055070_Bella Jastacia.pdf]
Preview
Text
FEB_EKIS_1702055070_Bella Jastacia.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerbitan obligasi syariah (sukuk) dan penerbitan saham syariah terhadap performa perusahaan di Jakarta Islamic Indeks 70. Penerbitan obligasi syariah maupun saham syariah adalah sebuah alternatif perusahaan mendapatkan struktur modal dalam menjalankan operasional perusahaan dan diharapkan dapat meningkatkan performa perusahaan yang ditinjau dari segi kinerja keuangan melalui Return On Asset (ROA) sehingga para pemangku kepentingan perusahaan mengoptimalkan produk pasar modal syariah dalam meningkatkan inklusi keuangan syariah. Disamping itu, menarik investor untuk melakukan investasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, data sekunder dari perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index 70 tahun 2018-2020 dengan menggunakan metode purposive sampling dengan analisis tobins dan umur perusahaan menjadi sebanyak 15 sampel. Pengujian model hipotesis menggunakan uji asumsi klasik, dan uji regresi berganda untuk menguji reaksi pasar atas penerbitan sukuk dan saham syariah pada variabel penerbitan menggunakan nilai penerbitan, jumlah saham beredar, leverage perusahaan, ukuran perusahaan, total hutang, dan kepemilikan manajerial perusahaan. Hasil penelitian yang mempengaruhi Return On Asset (ROA) adalah variabel nilai penerbitan dan leverage perusahaan pada 0.00192 dan 0.0373. Variabel jumlah saham beredar, total hutang, ukuran perusahaan, dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh pada nilai ROA. Namun, seluruh variabel berpengaruh signifikan terhadap nilai ROA. Hal ini menunjukan bahwa penerbitan obligasi syariah dan saham syariah mempengaruhi performa perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 21 Jan 2023 07:24
Last Modified: 10 Oct 2023 03:48
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/18131

Actions (login required)

View Item View Item