Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Sofyan Hotel Cut Meutia

Ramadanti, Dhea Putri (2021) Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Sofyan Hotel Cut Meutia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_EKIS_1702055021_ Dhea Putri Ramadantii.pdf]
Preview
Text
FEB_EKIS_1702055021_ Dhea Putri Ramadantii.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan etika bisnis Islam dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Sofyan Hotel Cut Meutia.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung yang pernah menginap dan masyarakat yang mengetahui tentang Sofyan Hotel Cut Meutia. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 responden dan yang dijadikan responden dalam penelitian ini adalah pengunjung yang pernah menginap dan mengetahui tentang Sofyan Hotel Cut Meutia. Data yang digunakan dalam penelitian menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Sofyan Hotel Cut Meutia. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung > ttabel (2,872 > 1,98761). Dan penerapan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Sofyan Hotel Cut Meutia. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung > ttabel (5,572 > 1,98761). Sehingga dapat disimpulkan bahwa semua variabel bebas yaitu etika bisnis Islam dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Sofyan Hotel Cut Meutia.
Penerapan etika bisnis Islam pada Sofyan Hotel Cut Meutia mampu menciptakan rasa puas dibenak pelanggan. Artinya bahwa semakin baik etika bisnis Islam yang diterapkan maka semakin tinggi kepuasan pelanggan yang dirasakan pada Sofyan Hotel Cut Meutia. Dan, kualitas pelayanan yang diberikan oleh Sofyan Hotel Cut Meutia sudah baik dan mampu menciptakan kepuasan pada pelanggan. Artinya bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang diterapkan maka semakin tinggi kepuasan pelanggan yang dirasakan pada Sofyan Hotel Cut Meutia.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 20 Jan 2023 08:11
Last Modified: 10 Oct 2023 03:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/18117

Actions (login required)

View Item View Item