Pengaruh Keadilan Pajak, Sistem Perpajakan, dan Diskriminasi Wajib Pajak terhadap Persepsi Penggelapan Pajak pada Wajib Pajak

Rosmiati, Siti (2018) Pengaruh Keadilan Pajak, Sistem Perpajakan, dan Diskriminasi Wajib Pajak terhadap Persepsi Penggelapan Pajak pada Wajib Pajak. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1402025136_SITI ROSMIATI.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1402025136_SITI ROSMIATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi penggelapan pajak pada wajib pajak. Sampel terpilih sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling di wilayah KPP Pratama Jakarta Tanah Abang Satu. Data diperoleh dengan membagikan kuesioner. Dalam penelitian ini digunakan metode kuantitatif. Variabel yang diteliti adalah keadilan pajak, sistem perpajakan, dan diskriminasi wajib pajak sebagai variabel bebas dan penggelapan pajak sebagai variabel terikat. Analisis data menggunakan regresi linier berganda, dan untuk menentukan hipotesis digunakan uji t, dan uji F.
Berdasarkan Uji T dapat diketahui bahwa ada 2 (dua) faktor yang tidak berpengaruh terhadap penggelapan pajak yaitu keadilan pajak dan sistem perpajakan. Diskriminasi wajib pajak berpengaruh positif. Berdasarkan uji F dapat diketahui bahwa secara simultan variabel bebas dalam penelitian ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel bebas (keadilan pajak, sisitem perpajakan, diskriminasi wajib pajak) berpengaruh secara simuultan (bersama-sama) terhadap variabel terikat (penggelapan pajak).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 20 Jan 2023 06:40
Last Modified: 20 Jan 2023 06:40
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/18111

Actions (login required)

View Item View Item