Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Pertumbuhan EBITDA terhadap Kebijakan Hutang pada Perusahaan Property yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI)

Nurrohman Al Farishy, Randy (2020) Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Pertumbuhan EBITDA terhadap Kebijakan Hutang pada Perusahaan Property yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1302025135_RANDY NURROHMAN AL FARISHY.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1302025135_RANDY NURROHMAN AL FARISHY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan Pertumbuhan EBITDA terhadap Kebijakan Hutang pada perusahaan jasa sektor property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2019.
Dalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi. Variabel dalam penelitian ini adalah Profitabilitas (X1), Likuiditas (X2), dan Pertumbuhan EBITDA (X3) dan Kebijakan Hutang (Y). Populasi penelitian ini adalah perusahaan jasa sektor property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 10 (sepuluh) perusahaan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu menelusuri laporan keuangan perusahaan jasa sektor property, real estate dan konstruksi tahun 2015-2019 melalui situs BEI (www.idx.co.id). Data diolah dengan menggunakan analisis akuntansi, analisis deskriptif, analsis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil persamaan regresi linear berganda Y = 1,477 - 0,581 X1 - 0,509 X2 + 0,240X3. Hasil uji hipotesis (t) menunjukkan bahwa secara parsial profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap kebijakan hutang dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Variabel likuiditas berpengaruh signifikan terhadap kebijakan hutang dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel Pertumbuhan EBITDA berpengaruh signifikan terhadap kebijakan hutang dengan tingkat signifikansi sebesar 0,040 > 0,05. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara simultan (F) variabel profitabilitas, likuiditas, dan pertumbuhan EBITDA berpengaruh signifikan terhadap kebijakan hutang dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,5287 atau 52,0%. Hal ini berarti setiap perubahan kebijakan hutang dijelaskan oleh variabel profitabilitas, likuiditas, dan pertumbuhan EBITDA sebesar 52,0% sedangkan sisanya 48,0% dijelaskan variabel lainnya.
Diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengganti maupun menambahkan variabel bebas yang dapat mempengaruhi kebijakan hutang seperti free cash flow, kepemilikan institusional atau struktur asset agar memberikan pengaruh yang signifikan, atau menambah tahun pengamatan dan menggunakan sampel selain perusahaan jasa sektor property.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 20 Jan 2023 02:40
Last Modified: 20 Jan 2023 02:40
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/18101

Actions (login required)

View Item View Item