Analisis Kebutuhan Tenaga Kerja Pada Unit Rekam Medis Dengan Metode Workload Indicators Of Staffing Need Di RSIA Brawijaya Duren Tiga Jakarta Selatan Tahun 2020

Adelianingtyas, Ratna (2020) Analisis Kebutuhan Tenaga Kerja Pada Unit Rekam Medis Dengan Metode Workload Indicators Of Staffing Need Di RSIA Brawijaya Duren Tiga Jakarta Selatan Tahun 2020. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_KM_1605015115_RATNA ADELIANINGTYAS.pdf]
Preview
Text
FIKES_KM_1605015115_RATNA ADELIANINGTYAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Beban kerja adalah salah satu komponen penting dalam kebutuhan tenaga kerja. Sehingga perlu adanya kesesuaian antara jumlah tenaga kerja dengan beban kerja di suatu unit pelayanan. Salah satu metode untuk mengetahui kebutuhan tenaga kerja dengan menggunakan metode Workload Indicators Staffing of Need (WISN) dimana metode tersebut dapat menunjukkan besarnya kebutuhan tenaga pada sarana kesehatan berdasarkan beban kerja, sehingga lokasi atau relokasi akan lebih mudah dan rasional, ada 5 langkah perhitungan WISN yaitu 1. Menetapkan waktu kerja tersedia, 2. Menetapkan unit kerja dan kategori SDM, 3. Menyusun Standar Beban Kerja, 4. Menyusun Standar Kelonggran, 5. Jumlah perhitungan kebutuhan SDM. Penelitian ini dilaksanakan di Unit Rekam Medis RSIA Brawijaya Duren Tiga Jakarta Selatan selama 6 hari kerja, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk perhitungan menggunakan WISN yang didapat hasil dari formulir Work Sampling dan untuk data pendukung nya seperti wawancara, observasi dan telaah dokumen. Hasil penelitian didapatkan penggunaan waktu kerja petugas untuk kegiatan produktif rata-rata 86.46%, kegiatan tidak produktif rata-rata 3.24% dan kegiatan pribadi rata-rata 10.30% yang dimana hasil kegiatan produktif lebih tinggi menyebabkan pembagian tugas atau jobdesk para petugas mengalami overload untuk mengatur waktu kerja para petugas mengerjakan pekerjaan nya dengan menggunakan skala prioritas yang dimana pekerjaan yang berhubungan langsung dengan data pasien rawat jalan akan didahulukan, dan pekerjaan laporan setiap hari seperti laporan WA, laporan IGD harus didahulukan. Hasil perhitungan tenaga dengan metode WISN didapatkan jumlah tenaga petugas Rekam Medis adalah 6 petugas, pada saat ini hanya berjumlah 3 petugas dengan Ratio 0.5 (kekurangan petugas). Dari hasil penelitian ini disarankan kepada Manajemen Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya Duren Tiga Jakarta Selatan perlu adanya pertimbangan untuk penambahan tenaga petugas di Unit Rekam Medis sebanyak 3 orang sesuai dengan beban kerja yang ada.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: manajemen logistik,penyimpanan, Gudang, Efesien
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:32
Last Modified: 29 Dec 2022 07:32
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17986

Actions (login required)

View Item View Item