Evaluasi Kinerja Program Kesehatan Hipertensi Di Puskesmas Kebayoran Lama Jakarta Selatan Tahun 2020

Anjasmara, Rizki Ari (2020) Evaluasi Kinerja Program Kesehatan Hipertensi Di Puskesmas Kebayoran Lama Jakarta Selatan Tahun 2020. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_KM_1605015095_RIZKI ARI ANJASMARA.pdf]
Preview
Text
FIKES_KM_1605015095_RIZKI ARI ANJASMARA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan Riskesdas 2018 prevalensi masalah kesehatan hipertensi menempati urutan 9 secara Nasional. Pelaksanaan program Hipertensi di Puskesmas Kebayoran Lama terdapat tiga program, yaitu kegiatan deteksi dini (Skrining), kegiatan posbindu dan promosi kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui evaluasi kinerja program kesehatan Hipertensi di Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama, Penelitian ini dilakukan pada bulan September-Oktober 2020. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif dengan informan berjumlah 5 orang, yaitu informan utama dokter dan perawat dan informan pendukung pasien Hipertensi. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pada tahap Planning: pelaksanaan program dan pemahaman terkait program sudah berjalan bagus, kendala pada program Hipertensi masyarakat masih belum mau berpartisipasi pada kegiatan skrining dan Posbindu, tujuan program hipertensi sudah sesuai menurut alur program, sudah mencapai target yang telah ditentukan, ketersediaan tenaga kesehatan masih kurang. Organizing: SDM program hipertensi ditentukan oleh kepala puskesmas, kualitas kinerja sudah baik, penyusunan program Hipertensi dilakukan secara bergantian antara dokter dan perawat, tenaga kesehatan sudah mengikuti pelatihan program Hipertensi. Actuating: Pelaksanaan program Hipertensi sudah berjalan baik. Controlling: Proses supervisi pada laporan kegiatan program yang dikirim perbulan, monitoring program dilakukan setiap bulan setelah kegiatan program, evaluasi program dilakukan setiap program. Evaluating: rata- rata pasien sudah menggunakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), pelayanan hipertensi sudah bagus, ketersediaan tenaga kesehatan tersedia selama 24 jam dokter umum. Saran untuk pihak Puskesmas agar petugas kesehatan menambahkan petugas kesehatan Hipertensi, kegiatan pemeriksaan dini atau skrinning disarankan agar pihak Puskesmas turun langsung agar lebih menjangkau masyarakat

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi program, Hipertensi, Puskesmas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 27 Dec 2022 07:05
Last Modified: 27 Dec 2022 07:05
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17972

Actions (login required)

View Item View Item