Hubungan Tingkat Kelelahan Kerja dengan Produktivitas Pekerja Bagian Produksi di PT. Tri Graha Sealisindo Kecamatan Cibinong Tahun 2020

Oktavian, Muhammad Cesar (2020) Hubungan Tingkat Kelelahan Kerja dengan Produktivitas Pekerja Bagian Produksi di PT. Tri Graha Sealisindo Kecamatan Cibinong Tahun 2020. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_KM_1605015055_MUHAMMAD CESAR OKTAVIAN.pdf]
Preview
Text
FIKES_KM_1605015055_MUHAMMAD CESAR OKTAVIAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kelelahan merupakan permasalahan yang tidak dapat dianggap sebelah mata, karena baik jenis pekerjaan formal maupun informal dapat menimbulkan kelelahan kerja. Kelelahan kerja akan menurunkan kinerja yang dalam kata lain menurunnya produktivitas kerja. Karena pada hakikatnya produktivitas kerja adalah sikap mental pekerja yang selalu dituntut untuk berusaha melakukan perbaikan mutu kehidupan secara berkelanjutan melalui peningkatan efisiensi, efektivitas, dan kualitas perusahaan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Cross Sectional. Penelitian ini dilakukan di PT. Tri Graha Sealisindo dengan mengukur tingkat kelelahan kerja menggunakan IFRC (Industrial Fatigue Research Committee), pengukuran tinggi badan menggunakan data MCU (Medical Check Up) dan berat badan menggunakan timbangan digital serta pengisian kuesioner meliputi karakteristik responden, motivasi serta produktivitas pekerja. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja pada bagian produksi PT. Tri Graha Sealisindo dengan sampel penelitian adalah seluruh pekerja sebanyak 45 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat. Uji yang digunakan untuk analisis bivariat adalah uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 28 pekerja (62,2%) produktif dalam bekerja, sebanyak 23 (51,1%) pekerja mengalami kelelahan tinggi, sebanyak 29 pekerja (64,4%) memiliki usia tua, sebanyak 23 pekerja (51,1%) memiliki motivasi tinggi, sebanyak 22 pekerja (48,9%) memiliki status gizi normal, dan sebanyak 22 pekerja (60%) memiliki masa kerja lama. Hasil uji bivariat menunjukkan adanya hubungan yang bermakna dengan variabel dependen produktivitas pekerja yaitu kelelahan kerja (Pvalue = 0,019). Saran dari penulis adalah pekerja diharapkan mendapatkan informasi tentang mengelola kelelahan, konsumsi air yang cukup, memaksimalkan waktu istirahat dengan sebaik-baiknya dan perbaikan status gizi pekerja.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Fatigue, Burnout, Productivity, Worker
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 23 Dec 2022 08:08
Last Modified: 23 Dec 2022 08:08
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17929

Actions (login required)

View Item View Item