Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Dermatitis Kontak pada Pekerja Pembuat Tahu di Kopti Semanan Kalideres tahun 2020

Malida, Revani (2020) Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Dermatitis Kontak pada Pekerja Pembuat Tahu di Kopti Semanan Kalideres tahun 2020. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_KM_1605015039_REVANI MALIDA.pdf]
Preview
Text
FIKES_KM_1605015039_REVANI MALIDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dermatitis kontak merupakan dermatitis yang disebabkan oleh bahan atau substansi yang menempel pada kulit. Gejala yang diakibatkan dari dermatitis kontak iritan diantaranya kulit kering, pecah-pecah, kulit merah, bengkak, dan gejala dermatitis kontak alergi yaitu gatal, kulit menjadi kering dan dapat terjadi hipermeimentasi. Dermatitis kontak akibat kerja yang masih ditemukan di pekerja industri informal salah satunya pekerja pembuat tahu. Untuk itu, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah tentang gejala dermatitis kontak yang dialami para pekerja pembuat tahu. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel daimbil secara sampel jenuh yang berjumlah 80 responden. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan waancara, analisis pada penelitian ini ialah analisis univariat dengan distrubusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan uji statistik Chi Square. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penggunaan APD Pvalue=0,019, personal hygiene Pvalue=0,044, pengetahuan Pvalue=0,034, lama kerja Pvalue=0,004 dengan gejala dermatitis kontak. Hasil yang tidak signifikan antara jenis kelamin Pvalue=0,604, usia Pvalue=0,707, masa kerja Pvalue=0,302, suhu Pvalue=0,132, lama kontak Pvalue=0,376 dengan gejala dermatitis kontak. Saran yang diberikan ialah pada pekerja harus menjaga personal hygiene yang baik, menggunakan APD berupa sarung tangan karet dan sepatu boots pada saat bekerja, pabrik tahu diberikan ventilasi alami agar suhu panas naik kedalam saluran ventilasi, peneliti lebih lanjut, dapat melakukan uji tempel untuk hasil yang lebih akurat mengenai gejala dermatitis dan melakukan pengukuran konsentrasi bahan kimia dan menambahkan variabel serta sampel agar didapatkan hasil yang lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Dermatitis kontak, gejala dermatitis, pekerja pembuat tahu
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 19 Dec 2022 05:59
Last Modified: 19 Dec 2022 05:59
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17895

Actions (login required)

View Item View Item