Hubungan Antara Status Gizi dan Beban Kerja dengan Kelelahan Kerja pada Porter di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Bekasi Tahun 2020

Pratiwi, Riska Dwi (2020) Hubungan Antara Status Gizi dan Beban Kerja dengan Kelelahan Kerja pada Porter di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Bekasi Tahun 2020. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_KM_1605015030_RISKA DWI PRATIWI.pdf]
Preview
Text
FIKES_KM_1605015030_RISKA DWI PRATIWI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kelelahan kerja merupakan salah satu permasalahan kesehatan dan keselamatan kerja yang menjadi faktor risiko terjadinya kecelakaan kerja. Posisi berdiri dan mengangkut yang dilakukan oleh porter secara terus menerus membuat pekerja cepat merasa lelah sehingga berdampak kelelahan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Status Gizi dan Beban Kerja Dengan Kelelahan Kerja Pada Porter di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Bekasi Tahun 2020. Dalam penelitian ini, jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Cross Sectional. Sampel pada penelitian menggunakan sampel purposive yaitu para porter yang berada di grup genap di Stasiun Pasar Senen dan porter yang berada di Stasiun Bekasi berjumlah 118 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat. Uji yang digunakan untuk analisis bivariat adalah uji Chi-Square. Hasil univariat menunjukkan porter yang mengalami kelelahan kerja tinggi (66,9%), berusia tua (74,6%), masa kerja lama (71,2%), beban kerja sedang (55,9%), frekuensi angkat tinggi (5,9%) dan status gizi tidak normal (66,9%). Hasil bivariat menunjukkan bahwa variabel yang behubungan adalah usia (Pvalue: 0,003) dan status gizi (Pvalue: 0,000) dan tidak ada hubungan antara masa kerja, beban kerja dan frekuensi angkat dengan kelelahan kerja. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada porter untuk memperhatikan asupan yang dikonsumsi dan melakukan peregangan saat istirahat, untuk pihak stasiun disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin, menyediakan alat bantu angkut untuk membantu mengangkut beban yang berlebih dan menyediakan air minum untuk porter.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kelelahan, Beban Kerja, Status Gizi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 19 Dec 2022 05:04
Last Modified: 19 Dec 2022 05:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17889

Actions (login required)

View Item View Item