PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN CIPETE SELATAN 03 PAGI JAKARTA SELATAN

Wati, Dita Prihatna PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN CIPETE SELATAN 03 PAGI JAKARTA SELATAN. IJISRT-International Journal of Innovative Science and Research Technology.

[thumbnail of DITA PRIHATNA WATI (TESIS).pdf]
Preview
Text
DITA PRIHATNA WATI (TESIS).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik tentang pendekatan kontekstual dalam meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Cipete Selatan 03 Pagi pada pembelajaran Bahasa Indonesia.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cipete Selatan 03 Pagi dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan rifleksi tindakan. Proses pengumpulan data melalui test menulis deksripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Pendekatan Kontekstual, dan non test berupa hasil observasi pelaksanaan metode pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa serta hasil dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan menulis deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Hal ini dibuktikan dengan nilai keterampilan menulis deskripsi sebelum dilakukan penelitian yaitu tingkat ketuntasan siswa hanya 39%. Pada siklus I tingkat ketuntasan mulai meningkat sebesar 51%, dilanjutkan pada siklus II mencapai 88% siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 83.
Implikasi dari penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunakan pendekatan kontekstual menekankan pada pembelajaran yang mampu mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa sehingga pembelajaran lebih bermakna. Pembelajaran ini berpusat pada siswa, dengan menggunakan pendekatan ini dapat menciptaka suasana lingkungan kelas yang kondusif, aktif, kreatif dan menyenangkan.

Kata kunci: Keterampilan Menulis Deskripsi, Pendekatan Kontekstual, dan Penelitian Tindakan

Item Type: Other
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dita Prihatna Wati
Date Deposited: 08 Dec 2022 23:30
Last Modified: 08 Dec 2022 23:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17510

Actions (login required)

View Item View Item