ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KALIMAT MAJEMUK (FUKUBUN) PADA MAHASISWA SEMESTER IV PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FKIP UHAMKA

Pratama, Suhanri Jaya dan Masrokhah, Yuni (2020) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KALIMAT MAJEMUK (FUKUBUN) PADA MAHASISWA SEMESTER IV PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FKIP UHAMKA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Suhanri Pratama.pdf]
Preview
Text
Suhanri Pratama.pdf

Download (934kB) | Preview

Abstract

Banyaknya kesalahan yang terjadi dalam penggunaan kalimat majemuk (fukubun) menunjukkan bahwa hal ini merupakan sesuatu yang sulit bagi pembelajar bahasa Jepang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan dan solusi untuk mengatasi kesalahan penggunaan kalimat majemuk (Fukubun). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, teknik analisis datanya adalah peneliti fokus terhadap data yang digunakan, lalu melakukan observasi tentang kalimat majemuk (fukubun), menguji data yang sudah terkumpul kepada mahasiswa dan menganalisis data yang telah didapatkan. Data yang digunakan adalah hasil angket dan hasil tes tentang kesalahan penggunaan kalimat majemuk yang telah diberikan kepada 34 responden. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa jenis kesalahan yang terjadi adalah Error dan Mistake. Faktor Penyebab Kesalahan tersebut adalah error of avoidance dan overgeneralization Solusi untuk mengatasi kesalahan tersebut adalah mempelajari tata bahasa kalimat majemuk (fukubun), menghafalkan pola perubahan kata kerja dalam bahasa Jepang berdasarkan penggolongannya dan menghafalkan lebih banyak kosa kata.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:33
Last Modified: 10 Jul 2023 08:33
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17489

Actions (login required)

View Item View Item