EFEKTIVITAS METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA (DOKKAI) PADA MAHASISWA SEMESTER II PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG ( FKIP UHAMKA Tahun Ajaran 2018/2019)

Kurniawaty, Lusi dan Sukmara, Rina dan Hendra, Akbar Nadzar (2019) EFEKTIVITAS METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA (DOKKAI) PADA MAHASISWA SEMESTER II PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG ( FKIP UHAMKA Tahun Ajaran 2018/2019). Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of LUSI KURNIAWATY.pdf]
Preview
Text
LUSI KURNIAWATY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas metode Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap pembelajaran Dokkai. Penelitian ini menggunakan desain penelitian yaitu One Grup Pretest Posttest. Metode penelitian ini yaitu Quasi Ekperimental atau Eksperimen Semu. Populasi yang digunakan yaitu mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR.HAMKA. adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa semester II kelas A sebanyak 22 orang. Teknik sampel yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu Simple Random Sampling. Untuk mengetahui efektivitas metode yang digunakan, penulis melakukan 6 kali pertemuan di antaranya dengan memberikan test awal atau pretest dan 4 kali perlakuan atau treatment kemudian test akhir atau posttest dan terakhir pemberian angket. Berdasarkan hasil perhitungan data, di dapat nilai rata-rata dari test awal atau pretest sebelum diberikannya metode TSTS yaitu 70,318 dengan nilai maksimum 90,0 kemudian nilai minimun pretest yaitu 42,0. Kemudian setelah menggunakan perlakuan dengan metode TSTS dapat diperoleh hasil nilai rata-rata posttest yaitu 76,182 dengan nilai maksimum 95,0 kemudian nilai minimum posttest yaitu 47,0. Uji prasyarat yang digunakan untuk penelitian ini yaitu uji Normalitas, uji Homogen, uji-t dan uji N-gain. Untuk mengetahui adanya peningkatan dari nilai pretest dan posttest maka penulis memperoleh hasil dari uji-t yaitu 0,000 dengan taraf signifikan yang digunakan yaitu 0,05. Dapat disimpulkan bahwa 0,000 < 0,05 terdapat perbedaan yang signifikan. Kemudian untuk mengetahui metode TSTS yang digunakan efektif, penulis melakukan uji N-gain dengan menggunakan taraf signifikan 0,05 dan N (21) di dapatkan hasil yaitu Thitung 4,76 kemudian Ttabel 2,080, maka dapat disimpulkan 4,76 > 2,080 metode Two Stay Two Stray (TSTS) sangat efektif digunakan untuk pembelajaran Dokkai. Berdasarkan hasil kuesioner atau angket yang diberikan dapat disimpulkan mahasiswa semester II menjadi terbantu memahami isi Dokkai dan merasa antusias selama pembelajaran berlangsung.
Kata Kunci : Metode Two Stay Two Stray, Dokkai, dan Efektivitas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:32
Last Modified: 10 Jul 2023 08:32
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17466

Actions (login required)

View Item View Item