PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA KELAS X SMA NEGERI 105 JAKARTA PADA MATERI PLANTAE

Rati, Winda Dewi dan Akbar, Budhi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA KELAS X SMA NEGERI 105 JAKARTA PADA MATERI PLANTAE. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of WINDA DEWI RATI.pdf]
Preview
Text
WINDA DEWI RATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbasis scientific approach terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 105 Jakarta pada bulan Januari s.d April 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas X SMAN 105 Jakarta yang berjumlah 144 siswa dan terbagi menjadi 4 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrument Posttest yang digunakan berupa tes Pilihan Ganda sebanyak 30 butir soal dengan 3 indikator keterampilan berpikir tingkat tinggi, yaitu menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mengkreasi (C6). Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata keterampilan berpikir tingkat tinggi pada kelas eksperimen sebesar 73,54 dan pada kelas kontrol sebesar 61,53. Pada uji prasyarat analisis data, kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki data yang berdistribusi normal dan variansi yang homogen. Selanjutnya pada uji hipotesis melalui uji-t dengan taraf signifikansi 1% (α=0,01) diperoleh thitung = 6,096 sedangkan ttabel = 2,38 sehingga memenuhi kriteria thitung > ttabel yang artinya Ho ditolak dan H1 diterima, maka terdapat pengaruh yang signifikan pada kedua kelompok. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:30
Last Modified: 10 Jul 2023 08:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17389

Actions (login required)

View Item View Item