ZAT ADITIF ORGANIK EKSTRAK RAGI MENINGKATKAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANGGREK (Dendrobium sp.) SECARA IN VITRO

Rossa, Sinsin Anita dan Setyaningsih, Maryanti (2020) ZAT ADITIF ORGANIK EKSTRAK RAGI MENINGKATKAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANGGREK (Dendrobium sp.) SECARA IN VITRO. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of SINSIN ANISA ROSSA.pdf]
Preview
Text
SINSIN ANISA ROSSA.pdf

Download (874kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak ragi terhadap pertumbuhan dan perkembangan anggrek Dendrobium sp. secara in vitro. Perbanyakan dengan teknik in vitro dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan produksi anggrek ini dan memenuhi permintaan pasar. Selain itu juga untuk mengatasi kesulitan reproduksi dan perkecambahan anggrek. Optimasi komposisi media dapat ditingkatkan dengan penambahan zat organik kompleks seperti ekstrak ragi. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Lebak Bulus Jakarta selama 3 bulan, terhitung dari akhir Januari-April 2020.
Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif komparatif eksperimental dengan rancangan acak lengkap (RAL). Perlakuan terdiri atas penambahan ekstrak ragi ke dalam media Vacin and Went (VW) dengan konsentrasi 0 gr/l; 0,50 gr/l; 1,00 gr/l; 1,50 gr/l; 2,00 gr/l; 2,50 gr/l dengan lima kali ulangan.
Data penelitian dianalisis dengan uji ANOVA satu faktor. Hasilnya, ekstrak ragi tidak berpengaruh signifikan dalam meningkatkan jumlah daun dan tinggi tanaman. Namun pemberian ekstrak ragi berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan jumlah akar tanaman. Konsentrasi ekstrak ragi 2,50 gr/l menunjukkan hasil terbaik dalam meningkatkan jumlah akar dan tinggi tanaman, sementara konsentrasi 0,50 gr/l menunjukkan hasil terbaik dalam meningkatkan jumlah daun tanaman.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:30
Last Modified: 10 Jul 2023 08:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17384

Actions (login required)

View Item View Item