PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MTA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SEMESTER II

Rizki, Nandra Alfiana dan Akbar, Budhi (2020) PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MTA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SEMESTER II. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of NANDRA ALFIANA RIZQI.pdf]
Preview
Text
NANDRA ALFIANA RIZQI.pdf

Download (924kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) model cooperative learning tipe Teams Games Tourrnaments (TGT) berbasis scientific approach yang valid, praktis dan efektif pada mata pelajaran biologi Sekolah Menengah Atas (SMA). Studi ini merupakan develpoment research yang menggunakan 5 fase model pengembangan Plomp. Namun pada penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap keempat yaitu fase tes, evaluasi dan revisi. Penelitian ini melibatkan Ahli Pakar RPP, Dosen Biologi, Guru Biologi dari dua sekolah menengah, dan 72 peserta didik kelas X IPA dari dua SMA Negeri di Indonesia. Penentuan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket penilaian RPP dan angket respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran serta tes hasil belajar berupa soal ulangan harian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. RPP model cooperative learning tipe TGT berbasis scientific approach memiliki pengaruh positif terhadap proses pembelajaran serta hasil belajar peserta didik. Studi ini menghasilkan lima RPP yang valid, yaitu RPP materi Fungi, Plantae, Animalia, Ekologi dan Perubahan Lingkungan. Berdasarkan data validasi tidak ada RPP yang tidak valid, dengan kualitas kelayakan seluruhnya berada pada kategori sangat baik, dengan persentase materi Fungi 94,48%, materi Plantae 94,14%, materi Animalia 95,15%, materi Ekologi 95,59% dan pada materi Perubahan Lingkungan adalah 93,99%, dan kualitas kepraktisan RPP memperoleh persentase 72,98% berada pada kategori baik serta kualitas keefektifan RPP memperoleh persentase 72,22% berada pada kategori baik dan 86,11% berada pada kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP tersebut telah memenuhi persyaratan aspek kelayakan perangkat pembelajaran untuk digunakan sebagai acuan dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:29
Last Modified: 10 Jul 2023 08:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17378

Actions (login required)

View Item View Item