Induksi Akar Pada Eksplan Tunas Pisang Raja Sereh (Musa paradisiaca var. sapientum) Dengan Penambahan BAP dan NAA Secara In Vitro

Widianingrum, Larasati Adiningtyas dan Susilo, Susilo (2020) Induksi Akar Pada Eksplan Tunas Pisang Raja Sereh (Musa paradisiaca var. sapientum) Dengan Penambahan BAP dan NAA Secara In Vitro. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Larasati Adiningtyas Widianingrum.pdf]
Preview
Text
Larasati Adiningtyas Widianingrum.pdf

Download (633kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan konsentrasi BAP dan NAA dapat induksi akar pada eksplan tunas pisang raja sereh (Musa paradisiaca var. sapientum) menggunakan eksplan tunas secara in vitro. Penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorium Kultur Jaringan Lebak Bulus pada bulan Januari sampai Maret 2020.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimental yang disusun menggunakan Rancangan Acak Lengkap 1 fakorial. Faktor yang mempegaruhi adalah konsentrasi BAP dan NAA dalam 4 taraf yaitu 0,5 mg/L, 1 mg/L, 1,5 mg/L, 2,0 mg/L. Kombinasi perlakuan sebanyak 16 dengan 3 ulangan sehingga terdapat 48 satuan percobaan. Parameter yang diamati adalah jumlah akar, panjang akar, jumlah tunas, jumlah daun, dan presentase ekpslan hidup.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan konsentrasi BAP dan NAA berpengaruh terhadap jumlah akar dan panjang akar, tidak berngaruh terhadap jumlah tunas dan jumlah daun. Jumlah akar terbanyak terdapat pada penambahan BAP 0,5 mg/L + 1 mg/L yaitu 15,33 buah per eksplan. Panjang akar dan jumlah tunas terbanyak terdapat pada penambahan BAP 0,5 mg/L + NAA 0,5 mg/L yaitu 30 cm dan 2,67 buah per eksplan. Jumlah tunas terbanyak terdapat pada penambahan BAP 2 mg/L + NAA 1,5 mg/L yaitu 13 buah per eksplan. Penambahan BAP dan NAA berbeda nyata terhadap jumlah akar dan panjang aka, tetapi tidak berbeda nyata terhadap jumlah tunas dan jumlah daun.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:29
Last Modified: 10 Jul 2023 08:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17376

Actions (login required)

View Item View Item