HUBUNGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERCOBAAN DENGAN KEMAMPUAN MELAKUKAN EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS XI IPA

Farhana, Filda dan Astuti, Yuni (2020) HUBUNGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERCOBAAN DENGAN KEMAMPUAN MELAKUKAN EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS XI IPA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Filda Farhana.pdf]
Preview
Text
Filda Farhana.pdf

Download (748kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keeratan hubungan indikator keterampilan proses sains kemampuan merencanakan percobaan dengan kemampuan melakukan eksperimen serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan desain penelitian ex-post facto. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMAN 104 Jakarta pada tahun ajaran 2019/2020 pada bulan April hingga Juni 2020. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 5 kelas dengan total sebanyak 180 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 50 siswa dari 28% populasi dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah sebanyak 20 butir soal yang terdiri dari 12 butir soal kemampuan merencanakan percobaan dan 8 butir soal kemampuan melakukan eksperimen pada praktikum materi sistem sirkulasi, sistem pencernaan, dan sistem pernapasan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan hubungan kemampuan merencanakan percobaan dengan kemampuan melakukan eksperimen memiliki regresi linier (Fhit 1,436 < Ftabel 3,12) dengan persamaan regresi y = 23,7 + 0,48x. Kemampuan merencanakan percobaan dan kemampuan melakukan eksperimen siswa masuk dalam kategori kurang sekali dengan nilai rata-rata kemampuan merencanakan percobaan sebesar 49,33 dan kemampuan melakukan eksperimen sebesar 47,25. Uji hipotesis menunjukkan rhitung = 0,48 > rtabel = 0,36, pada α = 1% yang berarti kedua variabel memiliki korelasi yang signifikan dengan tingkat hubungan dalam kategori sedang. Kontribusi kemampuan merencanakan percobaan terhadap kemampuan melakukan eksperimen sebesar 23,04%. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan keterampilan proses sains kemampuan merencanakan percobaan dengan melakukan eksperimen dengan kategori sedang di SMA Negeri 104 Jakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:29
Last Modified: 10 Jul 2023 08:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17371

Actions (login required)

View Item View Item