PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI BIOLOGI SMA KELAS XI SEMESTER 1

Geovana, Dimas dan Akbar, Budhi (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI BIOLOGI SMA KELAS XI SEMESTER 1. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Dimas Geovana.pdf]
Preview
Text
Dimas Geovana.pdf

Download (910kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen Keterampilan Proses Sains (KPS) Materi Biologi Kelas XI Semester 1. Studi dilakukan dari bulan September 2019 hingga Februari 2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 51 Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Developmental Research) dengan model prosedural mengadaptasi pengembangan instrumen menurut Djaali dan Mulyono (2008). Langkah-langkah pengembangan instrumen terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap sintesa teori dan analisis (menentukan definisi konseptual dan operasional), tahap perancangan (konstruksi variabel, pengembangan indikator, penyusunan kisi-kisi soal, penentuan jenis tes, penulisan instrumen, penskoran) dan tahap evaluasi (uji validitas, reliabilitas, dan analisis butir item). Validasi teoritik dilakukan oleh ahli yang meliputi validasi konstruk, isi dan bahasa. Validasi empirik terdiri dari uji coba tahap I dan uji coba tahap II. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMA N 50 Jakarta dengan 70 responden. Sedangkan uji coba tahap akhir (Evaluation) penelitian dilakukan dengan pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh sebanyak 100 responden kelas XI IPA. Instrumen tes yang dikembangkan berjumlah 55 soal pilihan ganda dan disusun berdasarkan indikator menurut Rustaman yang terdiri dari 9 indikator, yakni: observasi, klasifikasi, prediksi, interprestasi, mengajukan pertanyaan, berhipotesis, merencanakan percobaan, menerapkan konsep dan berkomunikasi. Hasil penelitian berupa instrumen memiliki kualitas sangat layak berdasarkan validasi ahli (84%). Berdasarkan hasil empirik, jumlah soal yang valid sebanyak 50 butir soal dengan persentase 91% dan 5 soal tidak valid dengan persentase 9%. Selanjutnya, pengujian reliabilitas instrumen menggunakan rumus Spearman-Brown didapatkan nilai r11 sebesar 0,78 sehingga dapat dikategorikan tinggi. Dengan demikian penelitian ini menghasilkan instrumen tes yang layak digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains peserta didik pada bahasan materi biologi semester 1 dengan jumlah butir soal pilihan ganda sebanyak 50 butir soal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:29
Last Modified: 10 Jul 2023 08:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17368

Actions (login required)

View Item View Item