KEANEKARAGAMAN JENIS AMFIBI (ORDO ANURA) DI DESA GEKBRONG RESORT TEGALLEGA KAWASAN TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO JAWA BARAT

Mudzakir, Ahmad Rizky dan Faruq, Hilman (2020) KEANEKARAGAMAN JENIS AMFIBI (ORDO ANURA) DI DESA GEKBRONG RESORT TEGALLEGA KAWASAN TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO JAWA BARAT. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Ahmad Rizky Mudzakir.pdf]
Preview
Text
Ahmad Rizky Mudzakir.pdf

Download (911kB) | Preview

Abstract

Amfibi di alam menyusun ekosistem dan menjaga keseimbangan populasi serangga. Sebagai desa penyangga Balai Besar Taman Nasional Gede Pangrango maka diperlukannya peranan, pemahaman, dan observasi sehingga perlu dilakukan riset untuk mengenal keanekaragaman jenis amfibi. Metode Visual Encounter Survey dikombinasikan Line Transect sepanjang 400 meter dengan tiga kali pengulangan digunakan untuk mengumpulkan data. Penelitian ini dilakukan dari bulan Februari hingga April 2020. Analisis data merujuk pada indeks ekologi berupa indeks keanekaragaman, kelimpahan, kekayaan, kemerataan, dan dominansi. Hasil data lapangan menunjukkan dari seluruh lokasi ditemukan 364 individu dari 15 jenis, 6 famili, 12 genus. Indeks keanekaragaman di Desa Gekbrong tegolong sedang dengan nilai 2,371. Kesimpulan dalam riset ini adalah faktor lingkungan seperti suhu, kelembaban, dan ketinggian menjadi penentu utama keberdaan amfibi. Terjaganya lahan basah akan membentuk habitat bagi amfibi dalam melangsungkan hidupnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:28
Last Modified: 10 Jul 2023 08:28
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17361

Actions (login required)

View Item View Item