HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM RESPIRASI MANUSIA KELAS XI

Nurhazizah, Siti dan Meitiyani, meitiyani dan Anugrah, Devi (2019) HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM RESPIRASI MANUSIA KELAS XI. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of SITI NURHAZIZAH.pdf]
Preview
Text
SITI NURHAZIZAH.pdf

Download (760kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan
kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem respirasi manusia. Penelitian
ini dilakukan kepada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 25 Kabupaten Tangerang
pada semester genap 2018/2019. Sampel diambil secara Cluster Random Sampling
dengan responden sebanyak 27 siswa. Metode penelitian ini adalah deskriptif
korelasional. Instrumen yang digunakan berupa angket gaya belajar berjumlah 45
butir dan tes pilihan ganda kemampuan berpikir kritis pada materi sistem respirasi
manusia sebanyak 25 soal. Hasil penelitian menghasilkan nilai rata-rata
kemampuan berpikir kritis siswa 64,07 dan persentase rata-rata gaya belajar siswa
untuk visual sebesar 63,3%, auditori sebesar 63,6%, dan kinestetik sebesar 63%.
Data dianalisis menggunakan uji regresi dan korelasi ganda. Berdasarkan hasil uji
regresi dan korelasi ganda didapatkan persamaan Y = -13,09 + 0,85 X1 + 0,23 X2
+ 0,14 X3 dengan perolehan r hitung= 0,398 dan r tabel= 0,396. Dari hasil tesebut
menandakan terdapat hubungan yang positif antara gaya belajar dengan
kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi sistem respirasi manusia yang
tergolong kategori rendah, dengan r2= 0,158 yang artinya gaya belajar memiliki
kontribusi sebesar 15,8% terhadap kemampuan berpikir kritis dan selebihnya
dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:28
Last Modified: 10 Jul 2023 08:28
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17358

Actions (login required)

View Item View Item