PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SEMESTER 1

Tanfiziyah, Rifda dan Akbar, Budhi dan ANUGRAH, DEVI (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SEMESTER 1. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of RIFDA TANFIZIYAH.pdf]
Preview
Text
RIFDA TANFIZIYAH.pdf

Download (791kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian
Keterampilan Proses Sains (KPS) pada materi biologi kelas VIII SMP Semester 1.
Penelitian dilakukan dari bulan Maret hingga Juli 2019. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 179 Jakarta yang beralamat di Jalan Raya Kalisari,
Jakarta Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
179 yang tersebar ke dalam 9 kelas. Sampel diperoleh dengan menggunakan
teknik cluster random sampling. Kelas yang terpilih sebagai sampel adalah kelas
VIII 3, VIII 8, dan VIII 9. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode pengembangan (Developmental Research) dengan model prosedural
mengadaptasi pengembangan instrumen menurut Djaali dan Mulyono (2008).
Instrumen penilaian yang dikembangkan berupa tes pilihan ganda dengan jumlah
60 butir soal yang terdiri dari 9 indikator yaitu observasi, klasifikasi, komunikasi,
prediksi, menerapkan konsep, hipotesis, interpretasi, mengajukan pertanyaan serta
merancang percobaan. Langkah-langkah pengembangan instrumen terdiri dari
beberapa tahap yaitu tahap sintesa teori dan analisis (menentukan definisi
konseptual dan operasional), tahap perancangan (konstruksi variabel,
pengembangan indikator, penyusunan kisi-kisi soal, penentuan jenis tes, penulisan
instrumen, penskoran) dan tahap evaluasi (uji validitas, reliabilitas, dan analisis
butir item). Validasi teoritik dilakukan oleh ahli yang meliputi validasi konstruk,
isi dan bahasa. Validasi empirik terdiri dari uji coba tahap I dan uji coba tahap II.
Hasil penelitian menunjukkan instrumen penilaian keterampilan proses sains
sudah memenuhi syarat instrumen yang baik yakni valid dan reliabel. Selain itu,
digunakan angket untuk memperoleh tanggapan dari praktisi terhadap instrumen
yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian, jumlah soal yang valid
sebanyak 42 butir soal dengan persentase 84% dan 18 butir soal tidak valid
dengan persentase 16%. Selanjutnya, pengujian reliabilitas menggunakan rumus
Spearman-Brown, didapatkan nilai r11 sebesar 0,66 (tinggi).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:24
Last Modified: 10 Jul 2023 08:24
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17352

Actions (login required)

View Item View Item