Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Sistem Indra Siswa SMA Kelas XI MIA

Elviani, Novi dan Meitiyani, Meitiyani dan Mayarni, Mayarni (2019) Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Sistem Indra Siswa SMA Kelas XI MIA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Novi Elviani.pdf]
Preview
Text
Novi Elviani.pdf

Download (483kB) | Preview

Abstract

Sejalan dengan perkembangan teknologi media merupakan penunjang hasil
belajar yang penting dalam proses pembelajaran bagi siswa, sehingga penggunaan
media perlu diukur dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian untuk
mengukur hasil belajar siswa menggunakan media berbasis augmented reality
dalam pembelajaran biologi pada materi sistem indra. waktu penelitian yang
dilakukan mulai bulan maret 2019 sampai juli 2019. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 1 Cikarang Utara yang
berjumlah enam kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive
sampling, dipilih dua kelompok penelitian, yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas
eksperimen yang berjumlah 36 siswa dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol
yang berjumlah 36 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode quasi experiment (eksperimen semu) dan desain penelitian yang
digunakan adalah posttets Only group design. Pengambilan data posttest
dilakukan diakhir pembelajaran kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata
hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan media augmented
reality sebesar 75.19 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 68.34. Hasil dari
penelitian ini didapat bahwa hasil belajar mengalami peningkatan dengan
menggunkan media pembelajaran yang berbasis augmented reality. Analisis data
melalui uji hipotesis diperoleh bahwa nilai thitung (3.35) dan ttabel (2.38) pada taraf
signifik an α = 1% sehingga diperoleh thitung > ttabel. Selain itu, nilai rata-rata hasil
belajar siswa kelompok eksperimen juga lebih unggul pada ranah kognitif
tingkatan C1(mengingat), C2(memahami), C3(menerapkan), dan C4
(menganalisis). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
media pembelajaran augmented reality terhadap hasil belajar biologi siswa kelas
XI pada materi sistem indra.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 19 May 2023 04:09
Last Modified: 19 May 2023 04:09
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17344

Actions (login required)

View Item View Item