Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ekosistem

Nursibahhoerony, Nisa Ayu dan Sukandar, Paskal dan Faruq, Hilman (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ekosistem. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Nisa Ayu Nursibahnoerony.pdf]
Preview
Text
Nisa Ayu Nursibahnoerony.pdf

Download (804kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Ekosistem. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Tambun Selatan pada bulan April s.d Juni 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Posttest Control Grup Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPA yang terbagi menjadi empat kelas, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal berjumlah 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen memperoleh nilai 60,02 sedangkan kelas kontrol 50,06. Selanjutnya pada uji hipotesis melalui uji-t pada taraf signifikansi α = 1% diperoleh t(hitung) = 4,24 sedangkan t(tabel) = 2,388 karena t hitung lebih besar dari t tabel maka H0 ditolak. Maka terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada kedua kelompok. Dengan demikian Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 03 May 2023 01:50
Last Modified: 03 May 2023 01:50
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17343

Actions (login required)

View Item View Item