Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Sistem Imun

Alfian, Neli Rahmawati dan Amirullah, Gufron dan Susilo, Susilo (2019) Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Sistem Imun. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Neli Rahmawati Alfian.pdf]
Preview
Text
Neli Rahmawati Alfian.pdf

Download (675kB) | Preview

Abstract

Berpikir kritis merupakan keterampilan yang dibutuhkan pada era 4.0 dalam pendidikan maka untuk meningkatkan berpikir kritis dibutuhkan metode yang tepat agar dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model guided discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem imun. Jenis penelitian ini quasi-experimental dan post-test only control group design. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sebanyak 69 siswa dijadikan responden dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas XI IPA 2 (n=35) dan XI IPA 3 (n=34). Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda kemampuan berpikir kritis digunakan sebagai alat pengumpulan data. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan thitung (2.031)> ttabel (1.668). Dapat disimpulkan penggunaan model guided discovery learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem imun

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 03 May 2023 01:50
Last Modified: 03 May 2023 01:50
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17342

Actions (login required)

View Item View Item