Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terintegrasi Stem (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Konsep Ekosistem

Ningrum, Lina Kustia dan Amirullah, Gufron dan Mayarni, Mayarni (2019) Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terintegrasi Stem (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Konsep Ekosistem. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Lina Kustia Ningrum.pdf]
Preview
Text
Lina Kustia Ningrum.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning yang diintegrasikan dengan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada konsep ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 13 Bekasi pada bulan April sampai bulan Mei semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan Quasy Experiment (eksperimen semu), sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 180 siswa dengan sampel sebanyak 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Instrument yang digunakan adalah ter tertulis pilihan ganda yang terdiri dari 25 butir soal dalam materi ekosistem kelas X yang dikembangkan berdasarkan literasi sains aspek kompetensi yang memiliki indicator menjelaskan fenomena ilmiah, menggunakan bukti ilmiah, dan mengidentifikasi isu ilmiah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, siswa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 84.77, sedangkan nilai siswa kelompok control memperoleh nilai rata-rata sebesar 66.16. uji hipotesis menggunakan uji t-test separated varian diperoleh thitung 9.64 dan ttabel pada paragraph signifikansi 1% sebesar 2.65, karena thitung 9.64 > 2.65 maka H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Problem Based Learning terintegrasi STEM (science, technology, engineering, and mathematics) terhadap literasi sains aspek kompetensi sains peserta didik pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 03 May 2023 01:50
Last Modified: 03 May 2023 01:50
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17340

Actions (login required)

View Item View Item