PENGARUH PjBl (PROJECT BASED LEARNING) TERINTEGRASI STEM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING MATHEMATICS) TERHADAP LITERASI SAINS ASPEK KOMPETENSI SAINS PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

Saidaturrahmi, Intan dan Amirullah, Gufron dan Abdullah, Sahami (2019) PENGARUH PjBl (PROJECT BASED LEARNING) TERINTEGRASI STEM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING MATHEMATICS) TERHADAP LITERASI SAINS ASPEK KOMPETENSI SAINS PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of INTAN SAIDATURRAHMI.pdf]
Preview
Text
INTAN SAIDATURRAHMI.pdf

Download (630kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi STEM (Science Technology Engineering Mathematics) terhadap literasi sains aspek kompetensi sains peserta didik pada Materi Sistem Reproduksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Cikande pada bulan Maret hingga Juni Semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah quasy experiment (eksperimen semu), sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 180 siswa dengan sampel sebanyak 60 siswa yang terdiri terbagi ke dalam 2 kelas, yakni kelas X1 MIA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling.. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis essay yang terdiri dari 10 butir soal dalam materi sistem reproduksi manusia kelas XI yang dikembangkan berdasarkan literasi sains aspek kompetensi yang memiliki indikakator menjelaskan fenomena ilmiah, menggunakan bukti ilmiah, mengidentifikasi isu ilmiah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, siswa kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 68.67, sedangkan nilai siswa kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 62.30. Uji hipotesis menggunakan uji t-test polled varian diperoleh thitung sebesar 3.00 dan ttabel pada taraf signifikansi 1% sebesar 2.665, karena thitung lebih besar daripada ttabel maka H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Project Based Learning terintegrasi STEM (Science Technology Engineering Mathematics) terhadap literasi sains aspek kompetensi sains peserta didik pada Materi Sistem Reproduksi. Menjelaskan fenomena ilmiah memiliki rata-rata tertinggi sebesar 83.33% pada kelas eksperimen dan 75% pada kelas control.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 03 May 2023 01:50
Last Modified: 03 May 2023 01:50
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17334

Actions (login required)

View Item View Item