Keanekaragaman Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Terestrial Di Kawasan Kebun Teh Ciliwung Telaga Warna Puncak Bogor Jawa Barat

Wiranto, Basar dan Setyaningsih, Maryanti dan Susilo, Susilo (2019) Keanekaragaman Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Terestrial Di Kawasan Kebun Teh Ciliwung Telaga Warna Puncak Bogor Jawa Barat. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of BASAR WIRANTO.pdf]
Preview
Text
BASAR WIRANTO.pdf

Download (501kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keanekaragaman Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Terestrial di Kawasan Kebun Teh Ciliwung Telaga Warna Puncak Bogor Jawa Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik kuadrat. Individu yang dijumpai diidentifikasi berdasarkan kenampakan morfologi akar, batang, daun dan bentuk sorus pada tumbuhan paku. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei - Juli 2019 di kawasan Kebun Teh Ciliwung Puncak Telaga Warna.
Hasil penelitian di jumpai 18 jenis tumbuhan paku pada kawasan Kebun Teh Ciliwung Telaga Warna Puncak yaitu Angiopteri evecta, Asplenium nidus, Blechnum orientale, Christella dentata, Cyathea contaminans, Cyathea junghuhniana, Dicranopteris linearis, Diplazium sp, Gleichenia laevigata, Goniophlebium verrucosum, Histiopteris incisa, Lycopodiella cernua, Microlepia sp, Nephrolepis cordifolia, Nephrolepis davallioides, Odontosoria chinensis, Pteris longgipinnula, Selaginella sp. Berdasarkan Indeks Nilai Penting diperoleh 3 spesies dengan INP tertinggi berturut-turut yaitu Selaginella sp 92,98%, Christella dentata 76,78%, Cyathea junghuhniana 61,60%, dan INP terendah yaitu pada spesies Lycopodiella cernua 1,15%, Histiopteris incisa 1,40%, dan berdasarkan indeks Shannon Wiener tingkat keanekaragaman jenis tumbuhan paku di kawasan kebun teh Ciliwung termasuk dalam kategori sedang dengan nilai 1,425.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 13 Apr 2023 09:03
Last Modified: 30 Apr 2023 14:21
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17307

Actions (login required)

View Item View Item