PENCAPAIAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN BERBANTUAN ALAT PERAGA

Wahidin, Wahidin (2011) PENCAPAIAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN BERBANTUAN ALAT PERAGA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

[thumbnail of Tesis Pak Wahid.pdf]
Preview
Text
Tesis Pak Wahid.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Wahidin (2011). “Pencapaian Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbantuan Alat Peraga“, SPs UPI, Bandung.

Kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematik perlu dikembangkan melalui proses pembelajaran. Karena kebanyakan siswa SMP masih mengalami kesulitan ketika dihadapkan pada permasalahan yang menuntut kemampuan penalaran maupun kemampuan pemecahan masalah, sehingga mereka tidak menyukai matematika. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk membantu siswa dalam mencapai kemampuan tersebut. Tawaran untuk hal tersebut adalah pembelajaran berbantuan alat peraga.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menelaah apakah kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematik siswa yang pembelajarannya berbantuan alat peraga lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya konvensional. Selain itu juga ditelaah skala pendapat dan aktivitas siswa selama pembelajaran berbantuan alat peraga. Desain penelitian ini adalah kelompok eksperimen dan kelompok kontrol hanya dengan postes. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran berbantuan alat peraga dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematik yang telah diujicobakan, skala pendapat siswa, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar pertanyaan terbuka. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri di Jakarta dengan responden penelitiannya sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak kelas dari delapan kelas yang ada. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematik siswa yang pembelajarannya berbantuan alat peraga secara signifikan lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya konvensional. Skala pendapat siswa memperlihatkan bahwa sebagian besar memberikan pendapat positif tentang pembelajaran matematika berbantuan alat peraga. Aktivitas siswa kelas alat peraga berada pada kategori baik.

Kata kunci: penalaran matematik, pemecahan masalah matematik, pembelajaran berbantuan alat peraga.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Wahidin Wahidin
Date Deposited: 09 Oct 2022 07:15
Last Modified: 09 Oct 2022 07:15
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17152

Actions (login required)

View Item View Item