PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI EKOSISTEM

Mahpudzoh, Asriyatul dan Setyaningsih, Maryanti dan Safahi, Luthpi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI EKOSISTEM. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of ASRIYATUL MAHPUDZOH.pdf]
Preview
Text
ASRIYATUL MAHPUDZOH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh
penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap
Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa di SMA Negeri 26 Kabupaten Tangerang
pada pokok bahasan Ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 26
Kabupaten Tangerang pada bulan April – Mei 2019. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode Quasi-Eksperiment dengan desain penelitian
Postest-Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64
siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random
Sampling, diperoleh dua kelompok penelitian, yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelas
eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes keterampilan proses sains, berbentuk pilihan ganda
dengan 30 butir soal untuk mengukur kemampuan keterampilan proses sains
siswa. Dengan menggunakan 6 indikator keterampilan proses sains yaitu
mengamati, klasifikasi, komunikasi, interpretasi, prediksi dan mengajukan
pertanyaan. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata indikator KPS
observasi yaitu 88%, klasifikasi 76%, prediksi 82%, interpretasi 73%,
mengkomunikasikan 72%, dan mengajukan pertanyaan 68%. Sedangkan pada
kelas kontrol nilai rata-rata indikator KPS observasi 54%, klasifikasi 72%,
prediksi 60%, interpretasi 65%, mengkomunikasikan 61% dan mengajukan
pertanyaan 64%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest
kemampuan keterampilan proses sains kelas eskperimen memperoleh nilai 74,69
sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 64,44. Uji hipotesis menggunakan uji-t
pada taraf signifikan α = 1% diperoleh thitung = 4,39 > t(0,99)= 2,38 yang berarti H0
ditolak. Terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada kedua kelompok. Dengan
demikian penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization
berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada pokok bahasan
ekosistem.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 13 Apr 2023 09:02
Last Modified: 13 Apr 2023 09:02
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17141

Actions (login required)

View Item View Item