Pengaruh Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Reproduksi SMA Negeri 11 Jakarta Timur

Iswandari, As Syaima dan Meitiyani, Meitiyani dan Faruq, Hilman (2019) Pengaruh Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Reproduksi SMA Negeri 11 Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of As Syaima Iswandari.pdf]
Preview
Text
As Syaima Iswandari.pdf

Download (714kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIA SMA Negeri 11 Jakarta Timur semester 2 tahun ajaran 2018-2019. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari hingga Juli 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian posttest-only group design. Populasi pada penelitian adalah kelas XI MIA yang berjumlah 106 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak pada tiga kelas dan didapatkam XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran SSCS dan XI MIA 1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 30 butir soal mengenai sistem reproduksi manusia untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Dari hasil analisis data, diperoleh data hasil presentase kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Persentase tertinggi pada indikator berpikir kritis dalam penelitian ini adalah “mengambil keputusan dan tindakan” sedangkan indikator terendah adalah “melakukan deduksi”. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t pada taraf signifikansi 1% didapatkan hasil thitung > ttabel atau 3,81 > 2,65 berarti H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 13 Apr 2023 09:02
Last Modified: 30 Apr 2023 14:36
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17140

Actions (login required)

View Item View Item