Analisis Kemampuan Penyusunan Tes Higher Order Thinking Skills Calon Guru Biologi

Sari, Apriana dan Akbar, Budhi dan Safahi, Luthpi (2019) Analisis Kemampuan Penyusunan Tes Higher Order Thinking Skills Calon Guru Biologi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of APRIANA SARI.pdf]
Preview
Text
APRIANA SARI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan penyusunan tes higher order thinking skillsyang dikuasai calon guru Biologi UHAMKA serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Populasi penelitian ini adalah seluruh jumlah calon guru Biologi angkatan 2016 yang berjumlah 62 orang calon guru Biologi UHAMKA.Penelitian dilaksanakan pada tanggal 27 Mei tahun 2019.Sampel penelitian ini adalah kelas A, B, dan C sebanyak 54 orang yang diambil dengan teknik sampling jenuh.Metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif.
Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen soal yaitu konsep higher order thinking skills, konsep asesmen, konsep biologi, kinerja penyusunan tes higher order thinking skills dan angket.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan konsep higher order thinking skills, konsep asesmen dan konsep biologi calon guru dengan nilai rata-rata yaitu 72 termasuk ke dalam kategori baik. Dari ketiga konsep yaitu konsep higher order thinking skills 68,89%(cukup), konsep asesmen 77,10% (baik), dan konsep biologi 65,74% (cukup). Sedangkan kinerja penyusunan tes higher order thinking skills yang terdiri dari tiga indikator yaitu menganalisis 56,94% (cukup), mengevaluasi 70,37% (baik) dan mencipta 65,74% (baik). Dari ketiga indikator yaitu menganalisis, mengevaluasi dan mencipta tersebut menjelaskan bahwa ketiga indikator kinerja penyusunan tes higher order thinking skills, yang dikuasai calon guru Biologi termasuk ke dalam kriteria “baik” dengan nilai rata-rata 64,35%.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja membuat soal higher order thinking skills dalam penelitian ini adalah (1) penguasaan konsep asesmen (2) adanya kontribusi matakuliah Evaluasi Pembelajaran (3) adanya contoh soal higher order thinking skills pada mata kuliah Evaluasi Pembelajaran (4) pengalaman mendapat soal higher order thinking skills pada UTS/UAS matakuliah di Pendidikan Biologi yang direspon sangat positif oleh mahasiswa.
Kesimpulan: Penguasaan konsep biologi dan konsep higher order thinking skills yang termasuk ke dalam kategori baik dan kinerja calon guru dalam menyusun tes higher order thinking skills jenis menganalisis tergolong cukup. Adapun jenis mengevaluasi dan mencipta tergolong ke dalam kategori baik. Serta ada b

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 13 Apr 2023 09:02
Last Modified: 30 Apr 2023 14:32
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17127

Actions (login required)

View Item View Item