Faktor-faktor Personal Hygiene yang Berhubungan dengan Risiko Skabies pada Santri di Pondok Pesantren Al-Amanah Al-Gontory Tangerang Selatan Tahun 2019

Mayangsari, Devi (2019) Faktor-faktor Personal Hygiene yang Berhubungan dengan Risiko Skabies pada Santri di Pondok Pesantren Al-Amanah Al-Gontory Tangerang Selatan Tahun 2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKES_KESMAS_1505015025_DEVI MAYANGSARI.pdf]
Preview
Text
FKES_KESMAS_1505015025_DEVI MAYANGSARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skabies merupakan jenis penyakit kulit yang endemik pada masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor personal hygiene yang berhubungan dengan risiko skabies pada santri di Pondok Pesantren Al-Amanah Al-Gontory Tangerang Selatan Tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan disain cross sectional. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat dan bivariat. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh santri tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Pondok Pesantren Al-Amanah Al-Gontory berjumlah 720 santri. Responden yang akan dijadikan sampel pada penelitian ini berjumlah 80 santri. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional stratified random sampling dengan menggunakan instrument kuesioner. Berdasarkan hasil univariat menunjukkan responden lebih banyak mengalami risiko skabies (70%), jenis kelamin perempuan (50%), pengetahuan rendah (60%), kebersihan pakaian yang buruk (58,8%), kebersihan handuk yang baik (55,0%), kebersihan tempat tidur yang buruk (52,2%). Hasil bivariat menunjukkan variabel yang berhubungan dengan risiko skabies yaitu pengetahuan, kebersihan pakaian, kebersihan tempat tidur. Sedangkan variabel yang tidak berhubungan yaitu jenis kelamin dan kebersihan handuk. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar dibuat aturan berupa sanksi jika kamar santri tidak dalam keadaan bersih dan membentuk Pokestren (Pos Kesehatan Pesantren) yang bertugas untuk mengedukasi tentang personal hygiene pada santri.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:48
Last Modified: 22 Sep 2022 07:48
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17057

Actions (login required)

View Item View Item