Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Gejala Photokeratitis Pada Pekerja Las Listrik Di Kelurahan Bambu Apus Tangerang Selatan Tahun 2019

Pangestu, Rizky Aji (2019) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Gejala Photokeratitis Pada Pekerja Las Listrik Di Kelurahan Bambu Apus Tangerang Selatan Tahun 2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_KESMAS_1505015116_RIZKY AJI PANGESTU.pdf]
Preview
Text
FIKES_KESMAS_1505015116_RIZKY AJI PANGESTU.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Photokeratitis adalah jenis eye injury yang paling banyak disebabkan oleh radiasi sinar ultraviolet dalam pekerjaan pengelasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan gejala photokeratitis pada pekerja las listrik di Kelurahan Bambu Apus Tangerang Selatan Tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Cross Sectional. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat dan bivariat. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pekerja las listrik di Kelurahan Bambu Apus berjumlah 66 pekerja. Responden yang akan dijadikan sampel pada penelitian ini berjumlah 66 Pekerja. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah Total Sampling dengan menggunakan instrument kuesioner. Berdasarkan hasil univariat menunjukkan responden gejala photokeratitis (69,7%), usia berisiko (25,8%), masa kerja berisiko (72,7%), alat pelindung mata berisiko (81,8%), intensitas radiasi berisiko (78,8%), jarak pengelasan berisiko (56,1%). Hasil bivariat menunjukkan variabel yang berhubungan dengan gejala photokeratitis yaitu masa kerja, alat pelindung mata, intensitas radiasi, jarak pengelasan. Sedangkan variabel yang tidak berhubungan yaitu usia. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar melakukan pemeriksaan kesehatan pada pekerja las listrik secara rutin terutama kesehatan mata pekerja, memberikan pelatihan bagi pekerja dan pemilik bengkel agar mampu mengenali dan mengatasi masalah K3 ditempat kerja secara mandiri.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:26
Last Modified: 08 Sep 2022 04:26
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16989

Actions (login required)

View Item View Item