Konstruksi Realitas Sosial Pesan Dakwah Dalam Musik Metal, Reggae dan Hip Hop (Analisis Lirik Lagu Grup Band Karnak, Rassulaeman dan The Jenggot)

Yansah, Ahmad Fadjri (2018) Konstruksi Realitas Sosial Pesan Dakwah Dalam Musik Metal, Reggae dan Hip Hop (Analisis Lirik Lagu Grup Band Karnak, Rassulaeman dan The Jenggot). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_ 1306015006_AHMAD FADJRI YANSAH.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_ 1306015006_AHMAD FADJRI YANSAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dari banyaknya genre musik di Indonesia seperti pop, dangdut, jazz, metal, reggae dan hip hop. Karnak yang bergenre metal, Rassulaeman reggae dan The Jenggot hip hop jarang dari tiga genre tersebut menyampaikan pesan dakwah dalam lirik lagu.
Teori konnstruksi realitas yang digunakan dalam penelitian ini untuk dimaksudkan melihat realitas yang dibangun dalam lirik lagu Karnak, Rassulaeman dan The Jenggot. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif yang mencermati setiap lirik lagu yang diciptakan Karnak, Rassulaeman dan The Jenggot serta mengkaitakannya dengan teori konstruksi realitas seperti apa penggambaran dakwah melalui musik yang dilakukan pencipta lagu.
Penelitian ini menganalisis secara kualitatif penggambaran pesan dakwah dalam lirik lagu grup band Karnak, Rassulaeman dan The Jenggot. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan penelitian subjektif, menghasilkan dan mengelola data yang sifatnya deskriptif.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan pesan dakwah Akhlak, Aqidah dan Syari’ah pada masing-masing band. Seperti band The Jenggot yang bergenre Hip Hop menyampaikan pesan dakwah yang lirik lagunya mengingkatkan kita akan hal kematian dalam lagunya yang berjudul “Mati”, dalam band Karnak yang bergenre metal ini menyampaikan pesan dakwah melalui kisah Nabi Musa yang bisa diambil hikmahnya dalam memperkuat Aqidah Kita kepada Allah Swt, dan band Rassulaeman yang bergenre reggae yang memiliki tujuan membuat revolusi pada musik yang reggae yang belum tersentuh dakwah, pesan dakwah yang disampaikan dalam lagu “Syaidul Istigfhar” ini bahwasanya tiada Tuhan selain Allah yang patut disembah dan tiada Tuhan selain Allah yang dapat menghapus dosa hamba-hambanya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: libfisip libfisip libfisip
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:46
Last Modified: 08 Sep 2022 03:46
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16984

Actions (login required)

View Item View Item