Hubungan Karakteristik dan Kecerdasan Spiritual Perawat dengan Pemenuhan Kebutuhan Layanan Spiritual Pasien Rawat Inap di RSUD Banten Tahun 2019

Nurherawati, Nurherawati (2019) Hubungan Karakteristik dan Kecerdasan Spiritual Perawat dengan Pemenuhan Kebutuhan Layanan Spiritual Pasien Rawat Inap di RSUD Banten Tahun 2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_KESMAS_1505015101_NURHERAWATI.pdf]
Preview
Text
FIKES_KESMAS_1505015101_NURHERAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perawat dalam memenuhi kebutuhan layanan spiritual pada pasien dipengaruhi oleh salah satu faktor yaitu kecerdasan spiritual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan karakteristik dan kecerdasan spiritual perawat dengan pemenenuhan kebutuhan layanan spiritual pasien rawat inap di RSUD Banten Tahun 2019. Tempat dan waktu penelitian dilakukan di RSUD Banten pada bulan Juli-Agustus 2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional. Dengan menggunakan data primer melalui pengisian angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi-square. Populasi dan sampel menggunakan teknik total sampling berjumlah 71 perawat. Hasil penelitian menunjukkan responden yang melakukan pemenuhan kebutuhan layanan spiritual kurang baik sebanyak 37 responden (52,1%). Hasil bivariat menunjukkan variabel yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan layanan spiritual yaitu tingkat pendidikan (Pvalue 0,039), lama kerja (Pvalue 0,042), dan kecerdasan spiritual perawat (Pvalue 0,022). Sedangkan variabel yang tidak berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan layanan spiritual yaitu jenis kelamin (Pvalue 0,452) dan usia perawat (Pvalue 0,132). Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan perlu adanya pendampingan atau mentor khusus yang dilakukan oleh perawat senior kepada perawat junior (lama kerja ≤ 4 tahun) terkait perawatan spiritual agar lebih optimal. Karena hasil penelitian membuktikan bahwa perawat yang memiliki lama kerja baru yang berpeluang melakukan pemenuhan kebutuhan layanan spiritual kurang baik pada pasien.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 07 Sep 2022 03:46
Last Modified: 07 Sep 2022 03:46
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16970

Actions (login required)

View Item View Item