Hubungan Pola Asuh, Asupan Makanan, dan Riwayat Penyakit Infeksi Dengan Status Gizi Balita Pada Kelompok Pemulung Di Bantargebang

Khalifah, Rizki (2019) Hubungan Pola Asuh, Asupan Makanan, dan Riwayat Penyakit Infeksi Dengan Status Gizi Balita Pada Kelompok Pemulung Di Bantargebang. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_1505025128_RIZKI KHALIFAH.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_1505025128_RIZKI KHALIFAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Anak pemulung sering kali kita jumpai di sekitar tempat pembuangan akhir sampah dimana tempat orang tua mereka mengais rezeki. Tempat pembuangan akhir biasanya dijadikan sebagai tempat tinggal oleh pemulung. Tempat tinggal yang kumuh dengan sanitasi lingkungan yang kurang baik memiliki berbagai masalah kesehatan antara lain penyakit ISPA, diare, flu, dan penyakit kulit yang berdampak pada status gizi khususnya balita. Masalah gizi buruk, gizi kurang dan stunting merupakan masalah gizi yang sering terjadi pada anak balita pemulung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh ibu, asupan makan, dan riwayat penyakit infeksi dengan status gizi balita usia 24-59 bulan pada kelompok pemulung di Bantargebang tahun 2019. Jenis penelitian ini deskriptif analitik dengan desain cross sectional dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dari seluruh jumlah balita yaitu 49 balita. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar balita memiliki status gizi kurang sebesar 44,9% dan gizi pendek sebesar 42,9%. Berdasarkan hasil uji statistik menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan (p value <0,05) antara pola asuh ibu dan riwayat penyakit infeksi dengan status gizi balita berdasarkan BB/U dan TB/U. Tidak terdapat hubungan yang signifikan (p value >0,05) antara asupan energi, karbohidrat, protein, dan lemak dengan status gizi balita berdasarkan BB/U dan TB/U.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 06 Sep 2022 08:00
Last Modified: 06 Sep 2022 08:00
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16961

Actions (login required)

View Item View Item